Gedung Baru Siswa SDN Ibu Jenab I Cianjur Mengundang Maut

Gedung baru SDN Ibu Jenab I Cianjur

Gedung baru SDN Ibu Jenab I Cianjur

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Kemelut perpindahan gedung SDN Ibu Jenab I belum berakhir. Gedung baru yang disiapkan pemerintah Kabupaten Cianjur di Jalan Prof Moch Yamin dinilai rawan. Pasalnya, gedung eks Dinas Tata Ruang dan Perkuminan Kabupaten Cianjur ini dianggap penuh dengan titik bahaya yang mengancam keselamatan peserta didik.

Kondisi bangunan yang terbilang megah ini ternyata belum rampung seratus persen. Sejumlah titik dinilai masih rawan.

Sebut saja salah satu bagian belakang gedung sekolah yang berdampingan dengan kali. Di sana belum ada tembok pembatas sebagai pengaman.

Fasilitas anak tangga yang tersedia pun tidak dilengkapi besi pengaman. Padahal, sebagai anak di tingkat SD, mereka kerap kali melakukan candaan hingga permainan tanpa disadari dengan dekatnya bahaya. Padahal, semua siswa-siswi di SDN Ibu Jenab I (Bujensa) sudah harus pindah pada Senin (15/01/2018).

Dekan FKIP Universitas Suryakancana, Munawar ikut berbicara mengenai hal ini. Jika dilihat dari kebijakan Pemda Cianjur, mungkin sudah memiliki perhitungan mengenai perpindahan SD yang terkenal di Kota Bersemi ini.

Namun jika dalam kaca mata pendidikan, menurutnya ini sangat tidak mendukung dunia pendidikan.

”Mungkin jika dalam kebijakan Pemda sudah ada perhitungan, tapi kalau dalam pendidikan ini sangat mengkhawatirkan karena belum menunjang segala sesuatunya seperti fasilitas yang sudah lengkap,” ujar Pengamat Pendidikan ini.

Sementara jika diperhatikan, siswa SD kerap memiliki masa-masa menyenangkan saat bermain dan dinilai hyperaktif. Jika gedung baru ini dipergunakan, tentunya akan mengundang hal-hal yang tidak diinginkan.

”Alangkah baiknya dipertimbangkan dulu untuk beberapa hal. Kita lihat kan jika anak SD itu senang bermain dan berlarian, tentunya kita tidak ingin sampai terjadi sesuatu terhadap anak didik kita,” tegasnya.

(radar cianjur/cr1)


loading...

Feeds