Tak Ada Anggaran untuk SDN Datar Muncang Cianjur

TAK LAYAK: Beberapa siswa dan juga guru SDN kelas jauh yang berada di Kampung Pasir Tarisi, Desa Malati, Kecamatan Naringgul, Cianjur Selatan, belajar di tempat mirip kandang hewan.

TAK LAYAK: Beberapa siswa dan juga guru SDN kelas jauh yang berada di Kampung Pasir Tarisi, Desa Malati, Kecamatan Naringgul, Cianjur Selatan, belajar di tempat mirip kandang hewan.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Siswa-siswi kelas jauh SDN Datar Muncang di Kampung Pasir Tarisi, Desa Malati, Kecamatan Naringgul terpaksa harus berlapang dada menerima kenyataan. Pasalnya, bantuan anggaran untuk sekolah yang berdinding bambu dan beralas tanah tempat mereka menuntut ilmu tidak tersedia.

Kasi Kelembagaan Sarana dan Sarana Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur, Hendar Muandi mengatakan, Dana Alokasi Khusus (DAK) sudah terkunci. Ada kemungkinan nanti akan dialokasikan melalui pos anggaran APBN tahun 2018.

”Kini sedang menunggu kuota dari pusat, tentunya akan dibantu sesuai dengan kemampuan yang ada. Sebelumnya tidak ada laporan atau permohonan bantuan, coba kalau ada akan ditindaklanjuti,” kata dia saat dihubungi, Kamis (11/1/2018).

Tingginya keinginan warga setempat untuk menyekolahkan buah hatinya patut diapresiasi. Meskipun kondisinya tidak layak, namun warga tetap mau menyekolahkan anaknya.

”Kalau ada permohonan bantuan dari pihak sekolah akan ditindaklanjuti dan akan dibantu. Kami tidak akan tinggal diam,” ujarnya.

Sementara, salah satu guru kelas jauh SDN Datar Muncang, Narwan mengatakan, meskipun gedung sekolah sederhana apa adanya dibangun warga melalui cara swadaya hanya berdinding bambu, beratap asbes dan beralas tanah.

Terhitung sekolah kelas jauh sudah satu tahun berdiri dari saat ini. Pembangunan kelas jauh dibangun berdasarkan keprihatinan sejumlah orangtua kepada anaknya sekolah harus menempuh jarak sekitar delapan kilometer.

”Ya, berharap bantuan yang dijanjikan bisa terwujud nyata tidak bohong sesuai harapan memiliki gedung sekolah baru,” pungkasnya.

(radar cianjur/mat)


loading...

Feeds