Rutilahu Buruh di Cianjur Ini Lepas Nyaris Ambruk

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Satu unit rumah panggung (rutilahu) berukuran tiga kali empat meter milik, M Ijudin (30) warga Kampung Gandasoli RT 03/03, Desa Cikidangbayabang, Kecamatan Mande nyaris ambruk, saking sudah lapuknya.

Pendamping Desa setempat, Rival membenarkan, sudah hampir puluhan tahun rutilahu yang didiami Ijudin dan keluarganya masih belum tersentuh bantuan dari pemerintah melalui dinas terkait. Padahal program bantuan rutilahu selalu digembor-gemborkan banyak, baik itu dari pemerintah pusat melalui kementerian dan pemerintah kabupaten.

“Namun nyatanya mana gak ada sama sekali. Saya jadi miris dan prihatin juga, mudah-mudahan bisa secepatnya menerima bantuan melalui program atau para donatur yang mau menyumbang,” kata Rival, Jumat (15/12).

Kondisi rutilahu milik salah satu warga bagian atap keseluruhan bolong rusak, beberapa jendela depan rumah panggung nyaris ambruk tanpa kaca hanya terhalang bilik. Sejumlah genting bocor dan teras dalam rumah semuanya terbuat dari bambu dan papan sudah keropos dimakan usia.

“Sedih juga dan prihatin, kondisi bangunan rumah dan dinding sebagian besar terbuat dari bilik, kayu sudah nampak terlihat rapuh, keropos, rusak dan khawatir ambruk rata dengan tanah. Berharap ada bantuan segera,” harap Ujang (40) dan Mimin (42) dua warga setempat.

Ditemui terpisah, Komunitas Pemuda Warungkiara (KPW) Kabupaten Cianjur, Ricky mengatakan, penghasilannya tak tentu alias tak jelas. Karena tidak ada pekerjaan yang menetap selama ini, hanya sebatas buruh harian lepas.

“Bagi saya apa saja dikerjakan yang penting bisa makan buat keluarganya,” terangnya.

Jika melihat kondisi fisik rumah Ijudin, ditaksir butuh dana renovasi rumah semi permanen sekitar Rp30 juta.

“Saya berharap ada bantuan, terutama dari Pemkab Cianjur selaku pemangku kebijakan. Khawatir nyaris ambruk bila dihempas angin, sudah terlihat saat ini juga sebagian besar sudah pada ambruk dinding bangunan rumahnya,” tambah Ijudin.

(radar cianjur/mat)


loading...

Feeds