YAHI Cianjur Kecam Penebangan Pohon Pinus di Ciranjang

DITEBANG: YAHI Kecam Penebang Liar Pohon pinus di jalur Jalan SMA Negeri Ciranjang

DITEBANG: YAHI Kecam Penebang Liar Pohon pinus di jalur Jalan SMA Negeri Ciranjang

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Yayasan Agenda Hijau Indonesia (YAHI) Kabupaten Cianjur menyesalkan sekaligus kecam oknum yang menebang pohon pinus di jalur Jalan SMA Negeri Ciranjang, padahal itu sebagai pelindung banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia, kini menjadi gersang.

Ketua YAHI Kabupaten Cianjur, Kohar Effendi memaparkan, pihaknya mengecam siapa oknum yang berani menebang pohon pinus.

“Kalau saya tahu akan menegur dan melaporkan, dan dinas terkait juga harus pro aktif jemput bola jangan hanya diam saja. Kini, akses jalan menjadi gersang tidak ada pelindung atau penghijauan,” kata dia, Rabu (6/12).

Sebelumnya jalur tersebut indah dipandang mata, sejuk, segar dan asri penuh dengan pohon pinus subur. Setelah ditebang oleh oknum tidak bertanggung jawab menjadi panas. Seharusnya bisa melestarikan, bukan menjaganya malah merusak untuk kepentingan pribadi atau ada maksud lain kurang paham juga.

“Diketahui rusaknya baru sekitar tiga hari tanpa sengaja melintas di jalur itu, dan ada beberapa warga setempat menginformasikan,” akunya menyesalkan perbuatan segelintir oknum kini masih jadi pertanyaan, kemarin.

Masih menurut Kohar, ada sekitar enam hingga tujuh pohon pinus yang ditebang. Padahal lokasi tersebut adalah daerah resapan air dan sebagai penyangga, yang rawan akan banjir. Bila hujan tiba di lokasi tersebut air hujan selalu naik dan banjir.

“Nah, maka itu nampak terlihat jelas sudah dibangun Tembok Penahan Tanah (TPT). Kini sayang ditebang atau dirusak, saya sangat menyesalkan sekali,” pungkas, Kohar.

(rada cianjur/mat)


loading...

Feeds

Obrolan Bersama Pojokjabar Tentang Pilbup Bogor di Graha Pena, Kamis (14/12/2017)

Pilbup 2018 di Mata Kader PDIP

POJOKJABAR.com, BOGOR– Sejumlah tokoh di Kabupaten Bogor yang ramai di media soal bursa pencalonan cabup/cawabup, dipertemukan Pojokjabar.com di Graha Pena …