DPMD Cianjur Gelontorkan Rp1,5 Miliar untuk Pilkades

Ilustrasi Pilkades

Ilustrasi Pilkades

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Tahun 2018 jadi ajang pertarungan para calon kepala desa di 30 desa se-Kabupaten Cianjur.

Untuk kelancaran agenda tersebut, pihak pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur sudah mengalokasikan dana dalam APBD.

Kepala Seksi Bina Otonomi Desa, Dinas Pemeberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cianjur, Asep Koswara mengatakan, anggaran Pilkades di 30 desa pada tahun 2018 mendatang, dialokasikan sesuai dengan Peraturan Bupati nomor 41 tahun 2015 dan perda nomor 5 tahun 2015, yang dibebankan Kepada APBD paling kecil Rp10 juta, dan paling besar Rp50 juta sesuai dengan jumlah penduduk.

“Jika dilihat aturan dana untuk penyelenggaraan Pilkades itu sesuai dengan rasio hak pilih atau jumlah jiwa di desa yang bersangkutan. Saya tidak tau persisnya anggaran untuk tahun 2018, namun jika melihat aturan yang jumlah penduduknya lebih dari 2000 jiwa maka desa berhak mendapat anggaran maksimal Rp50 juta. Jika kurang dari 2000 jiwa maka hanya Rp10 juta,” terang Asep.

Dia menjelaskan, ketentuan anggaran sudah ditanggung oleh APBD, namun tidak menutup kemungkinan jika anggaran kurang, bisa shering anggaran dengan dana lain yang diusahakan oleh desa yang bersangkutan.

“Jika menurut aturan anggaran Pilkades sudah ditentukan, namun dalam pagu APBD mungkin saja terbatas, maka bisa di seringkan dengan dana yang lain yang dapat diusahakan oleh panitia, baik iuran calon atau dari DD sah-sah saja,” ungkapnya.

Menurutnya, pihak DPMD Kabupaten Cianjur, masih menunggu Surat Keputusan Bupati, terkait kapan waktu tepat penyelenggaraan, dan panitia pilkades bisa melakukan mekanisme baik pemutakhiran data dan tahapan pemilihan dan seleksi.

“Yang jelas kami menunggu, SK penyelnggaraan pilkades,” ungkapnya.

(radar cianjur/cr3)


loading...

Feeds

Obrolan Bersama Pojokjabar Tentang Pilbup Bogor di Graha Pena, Kamis (14/12/2017)

Pilbup 2018 di Mata Kader PDIP

POJOKJABAR.com, BOGOR– Sejumlah tokoh di Kabupaten Bogor yang ramai di media soal bursa pencalonan cabup/cawabup, dipertemukan Pojokjabar.com di Graha Pena …