Minta Dukungan DPRD untuk Pemekaran Cianjur Selatan

Pemekaran

Pemekaran

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul meminta dukungan politis untuk pembentukan Kabupaten Cianjur Selatan.

Mereka mendatangi gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Selasa (21/11) untuk meminta agar wakil rakyat Cianjur mengeluarkan rekomendasi dukungan pemekaran daerah Cianjur Selatan dari Kabupaten Cianjur.

Dalam memperjuangkan pemekaran wilayah ini, Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul melakukan audiensi dengan beberapa fraksi di DPRD Cianjur.

Ketua Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul Anton Sukarsa menyatakan, DPRD Kabupaten Cianjur harus segera melakukan langkah kongkrit rencana pemekaran daerah tersebut.

“Dalam rangka meningkatkan kesejahtraan kita menuntut pemekaran kabupaten, sesuai dengan Undang-undang 23 tentang otonomi daerah,” katanya.

Menurut Tonton, pembentukan Kabupaten Cianjur Selatan sudah ada surat perintah dari Gubernur Jawa Barat tahun 1998, bahwa Jawa Barat itu harus dikembangkan.

“Dalam surat perintah dari gubernur ada tiga daerah yang harus dikembangkan, diantaranya Cianjur Selatan, Bandung Barat, dan Indramayu. Pada saat itu Cianjur masih dalam kajian,” katanya.

Tonton menjelaskan, pada tahun 1999 lahirlah keputusan DPRD, bahwa Cianjur dapat dimekarkan, namun pihak eksekutif tidak melaksanakanya.

“Tahun 2007 ada desakan dari masyarakat untuk pemekaran wilayah hingga lahirlah Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul, yang dideklarasikan di Kecamatan Tanggeung, yang dihadiri Bupati Cianjur pada masa itu Cecep Muhtar Soleh, hingga dilakukan kajian yang hasilnya Cianjur selatan layak untu dimekarkan,” jelasnya.

Lanjut Tonton, jika pemekaran itu dilakukan, maka Kabupaten Cianjur Selatan akan memiliki 14 kecamatan.

“Bupati Cianjur dan DPRD Kabupaten Cianjur sudah sepakat adanya pemekaran, karena dengan adanya pemekaran akan mempercepat proses pembangunan dan pelayanan publik,” pungkasnya.

(radar cianjur/dil)


loading...

Feeds

Obrolan Bersama Pojokjabar Tentang Pilbup Bogor di Graha Pena, Kamis (14/12/2017)

Pilbup 2018 di Mata Kader PDIP

POJOKJABAR.com, BOGOR– Sejumlah tokoh di Kabupaten Bogor yang ramai di media soal bursa pencalonan cabup/cawabup, dipertemukan Pojokjabar.com di Graha Pena …