Duh… Pariwisata Cipanas Alami Penurunan Drastis

Hotel Tunas Kembang

Hotel Tunas Kembang

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Iklim pariwisata Cipanas kini jalan di tempat. Tak pelak ini mempengaruhi industri pariwisata dan pertanian masyarakat.

Manager Tunas Kembang Dadang S Maksum menjelaskan, saat ini kondisi pariwisata di Cipanas dinilai jauh mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Tentunya ada hal yang harus dievaluasi dan menjadi bahan kajian pemerintah untuk segera menyikapinya.

“Kemunduran iklim pariwisata ini, akan berakibat sumber kehidupan masyarakat merugi, baik itu kondisi pertanian, industri pariwisata seperti hotel, restoran, para pedagang tradisional, dan pertokoan mengalami kemunduruan,” terangnya.

Tentunya ini perhatian serius dari pemerintah, karena dari tahun ke tahun malah tidak ada perubahan dan jika dibiarkan akan berdampak negatif. Saat ini saja kondisi tersebut dibiarkan, dikhawatirkan nanti malah kepercayaan masyarakat kepada Pemda Cianjur akan terus berkurang.

“Di sisi lain kami malah menjadi jadi sapi perahan pemerintah dengan harus bayar pajak, namun ini malah tidak diimbangi dengan pembangunan di wilayah kami,” tuturnya.

Saat ini, pajak yang dibebankan pemerintah kepada pengusaha dan masyarakat ini, ada pajak hotel, restoran, dan retribusi. Tetapi, pembangunan di wilayah Cianjur Utara ini dinilai tak merata.


loading...

Feeds