Surat Keterangan Sehat TNGGP Rawan Pungli dan Calo

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Regulasi pembuatan surat kesehatan yang bisa dilakukan di luar fasilitas kesehatan (faskes) dan dikelola Taman Nasional Gunung Gede (TNGGP) mengundang maraknya calo. Pasalnya pemalsuan surat kesehatan diprediksi akan terjadi lagi.

“Kebijakan Balai Besar Gunung Gede Pangrango yang memperbolehkan pembuatan surat kesehatan di luar klinik faskes TNGGP ini mengundang pungli dan praktek percaloan kesehatan dalam melakukan Perizinan Pendakian yang disebut Simaksi, ” ujar Ketua Umum Pencinta Alam dan Panjat Tebing Indonesia (Perppaguti), Ade Subardan.

Menurutnya, kebijakan yang dikeluarkan BBTNGGP ini mengundang para calo yang dulu pernah bergentayangan dengan menawarkan surat keterangan sehat. Biasanya mereka beroperasi di depan kantor TNGGP menawarkan surat keterangan kesehatan yang dikeluarkan rumah sakit atau klinik yang sudah discan.

“Dengan adanya Surat Edaran untuk Keterangan Sehat sebagai salah satu dokumen persyaratan izin pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dari Rumah Sakit dan sejenisnya, merupakan ketidak konsistenan pengelola. Seharusnya sudah bagus pihak Balai yang menyediakan fasilitas kesehatan dan memeriksa langsung calon pendaki, ” tegasnya.


loading...

Feeds