Aneh, Pohon Pisang di Mande Cianjur Ini Tumbuh Tak Lazim

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Pohon pisang milik Barna (53) di Kampung Cikoak RT 06/01 Desa Murnisari, Kecamatan Mande, Cianjur tumbuh secara tidak lazim. Biasanya, pohon pisang tidak memiliki cabang pada satu pohon dan hanya menghasilkan satu tandan.

Namun pohon pisang jenis Muli ini, memiliki perbedaan dari pohon pisang pada umumnya. Pohon pisang ini bercabang dua, dan bertandan dua.

Keberadaan pohon pisang yang diyakini tumbuh dengan unik ini sempat menarik perhatian warga. Kabar dari mulut ke mulut pun tersiar hingga tidak sedikit warga dari desa maupun kecamatan lain berkunjung untuk menyaksikan fenomena itu.

Pemilik pohon pisang Barna, mengaku fenomena itu terjadi setelah pohon pisang yang ditanamnya berusia empat bulan.

“Setelah empat bulan ditanam dengan tinggi sekitar delapan puluh cm, pisang itu mulai bercaang dan memiliki dua tandan,” katanya, Kamis (21/09/2017).

Barna menjelaskan dirinya mendapatkan, bibit pohon pisang tak lazim itu dari keponakannya di Kampung Citampele Desa Mentengsari Kecamatan Cikalongkulon. Barna mengaku dirinya sempat melihat keanehan pada pohon pisang itu, hingga akhirnya Barna membawa tunas pohon pisang tersebut dan ditanam dikebun miliknya.

“Pohon pisang tak lazim itu awalnya hanya satu pohon, namun setiap tunas yang diambil dari pohon pisang ini anaknya selalu memiliki cabang,” katanya.

(radar cianjur/dil)



loading...

Feeds