Sambut Tahun Baru Islam, Limbangansari Cianjur Gelar Debus

SENI DEBUS: Salah satu peserta debus saat memperlihatkan ketangkasannya di hadapan ribuan masyarakat Desa Limbangansari.

SENI DEBUS: Salah satu peserta debus saat memperlihatkan ketangkasannya di hadapan ribuan masyarakat Desa Limbangansari.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Menyambut tahun baru Islam 1439 Hijriah, Karang Taruna Desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur gelar kesenian debus.

Selain menampilkan kesenian debus, juga menampilkan kegiatan pawai obor yang diikuti oleh ribuan warga Desa Limbangansari Cianjur. Hadir pada acara tersebut, Camat Cianjur serta tamu undangan lainnya.

Ketua Karang Taruna Desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur, yang juga sekaligus ketua panitia, Dandan mengatakan, terselenggaranya kegiatan seni debus, serta pawai obor ini dalam rangka menyambut tahun baru Islam yang ke 1439 di tahun 2017.

“Sekitar seribu lebih warga Desa Limbangansari mengikuti acara pawai obor, dan menyaksikan pentas seni debus ini,” ujarnya.

Ia menuturkan, terselenggarnya kegiatan ini pun salah satu upaya untuk melestarikan kesenian-keseian yang ada di Jawa Barat, khususnya di Cianjur seperti halnya kesenian debus ini.

“Kegiatan penampilan kesenian debus ini, akan menjadi pergelaran rutinan, minimalnya setahun dua kali yang akan dilaksanakan Karang Taruna Desa Limbangansari, karena seni debus ini sudah hampir punah bahkan tidak ada. Jadi kalu bukan kita yang melestarikannya, siapa lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Cianjur, Yudi Suhartono, mengakui sangat mengapresiasi kegaitan yang telah dilaksanakan Karang Taruna Desa Limbangansari.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, terlebih adanya helaran kesenian debus, dimana kesenian ini melekat dengan doa-doa yang dipanjatkan kepada Allah. Begitupun harapan saya semoga warga Cianjur pun dapat berdoa untuk kemajuan Cianjur, untuk menjadikan Cianjur lebih agamis lagi,” pungkasnya.

(radar cianjur/ndk)



loading...

Feeds