Gawat! Sawah di Gekbrong Cianjur Terancam Gagal Panen

ilustrasi

ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Kemarau panjang yang terjadi akhir-akhir ini membuat sejumlah areal pertanian di Kecamatan Gekbrong, Cianjur terncam gagal panen. Pasalnya para petani saat ini kesulitan mendapatkan pasokan air untuk mengairi sawahnya.

Kepala Balai Pengembangan Budidaya Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPBTPH) Kecamatan Gekbrong, Yayat Duriat mengatkan bahwa, meski saat ini para petani di wilayahnya kesulitan mendapatkan air untuk mengairi sawahnya, namun hanya sebagian kecil areal pertanian yang terancam gagal panen.

Tercatat dari 1135 Hektar areal pertanian di Kecamatan Gekbrong hanya 5 hektar yang ternacam gagal paten, yaitu di kampung Cimaja, Desa Cikahuripan.

“Sebagian besar saat terjadi kemarau para petani sudah berhasil memanen padinya jadi mereka tidak mengalami gagal panen. Meski demikian mereka saat ini belum berani mengolah sawanya karena masih kesulitan untuk mendapatkan air,” katanya Selasa (12/09/2017).

Lanjut Yayat, untuk mengatisipsi terjadinya gagal panen di wilayah Kampung Cimaja, Desa Cikahuripan, pihak BPBTPH tengah membantu para petani dengan cara menyedot air dari kubanagan air bekas tambang pasir.

“Sementara ini kami berupaya menyedot air dari kubangan bekas tambang pasir, dengan menggunakan mesin penyedot air yang telah disipkan pemerintah,” pungkasnya.

(radar cianjur/dil)



loading...

Feeds

ilustrasi

Tips Jadi Pemuda Mandiri ala IEC

Jadi pemuda yang mandiri jadi dambaan banyak orang. Bukan hanya mandiri dalam keuangan, namun secara mental dan spiritual pun demikian.
PEDULI: Siswa SD Insan Kamil membentangkan poster mengecam tragedi kemanusiaan umat Islam Rohingya sekaligus melakukan penggalangan dana, Sabtu (23/9/17) akhir pekan lalu.

SD Insan Kamil Bogor Peduli Rohingya

Tragedi kemanusiaan umat Islam Rohingya di Myanmar telah menyeret simpati dari seluruh penjuru dunia. Aksi kepedulian dilakukan dengan berbagai cara. …