Cerita Tokoh Penyebar Islam Mama Kandang Sapi Asal Cianjur, Bantu Soekarno Usir Penjajah

PUNYA SEJARAH PENTING: Masjid peninggalan Mama Kandang Sapi masih terawat dengan baik.

PUNYA SEJARAH PENTING: Masjid peninggalan Mama Kandang Sapi masih terawat dengan baik.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Kiai H Opo Musthofa atau yang akrab disapa Mama Kandang Sapi dari Cianjur dikenal sebagai sosok sederhana yang santun kepada semua kalangan usia, baik yang sudah sesepuh maupun yang masih muda.

Tokoh penyebar Islam yang lahir di Garut tahun 1848 ini diketahui pernah berguru di Bale Rante Cirebon satu kobong bersama dengan Presiden RI pertama, Soekarno.

Tak heran jika Mama Kandang Sapi begitu akrab dengan lingkungan istana saat itu karena sering dipanggil ke istana oleh Soekarno. Mama Kandang Sapi membantu perjuangan dengan melakukan doa bersama sebelum peperangan.

“Presiden Soekarno saat itu sangat percaya doa yang dipanjatkan Mama Kandang Sapi makbul dalam setiap membekali pejuang ketika akan berperang melawan penjajah,” kata Ustaz H Munandar, cucu dari Kiai H Opo Musthofa, saat ditemui di pesantren Kandang Sapi (11/08) KH Opo Musthofa.

Di masa perjuangan, tausiyah yang dilakukkan Mama Kandang Sapi begitu membakar semangat pejuang agar melawan penjajah. Beberapa doa dan ajian yang diberikan sempat membuat para tentara penjajah kebingungan melihat keberadaan para pejuang.



loading...

Feeds