Wow… Dana Desa 2017 Kabupaten Cianjur Setengah Triliun

ilustrasi

ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Dana Desa yang digelontorkan Kementerian Desa (Kemendes) nilainya cukup fantastis. Tak tanggung-tanggung pemerintah mengalokasikan Rp60 triliun di tahun 2017 ini untuk seluruh desa di Indonesia.

Kabupaten Cianjur sendiri akan mendapat bantuan dana desa sekitar Rp598.914 Miliar. Dana itu diantaranya bantuan provinsi (Banprov), Anggaran Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD) dan bantuan kucuran lainnya. Untuk Banprov per tahun 2017 akan cair sekitar Rp150 juta per desa untuk pembangunan infrastruktur dan Rp15 juta Penghasilan Tetap (Siltap).

Lalu, ADD tahun 2017 secara keseluruhan totalnya mencapai Rp164,81 miliar, DD tahun 2017 sekitar Rp307,2 miliar dan Bantuan Dana Khusus (BKK) sekitar Rp69,979 miliar.

“Publik bisa mengetahui secara gamlang. Jadi pihak desa jangan tertutup harus bisa menjelaskan rinciannya, mewajibkan keseluruh desa bisa menerapkan asas transparansi,” kata Kepala Bidang Bina dan Keungan Aset BPMPD Kabupaten Cianjur, Juwair, di sela-sela monitoring ke Desa sabandar, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, Jumat (11/8/2017).

Pihaknya tak akan segan-segan akan menindak tegas pihak desa yang melakukan penyelewengan dana tersebut.

“Anggaran desa harus diterapkan sesuai dengan fungsi dan peruntukannya. Apalagi diselewengkan itu bisa berbahaya dan jangan sampai terjadi, setiap desa harus bisa menerapkan pengelolaan keuangan bisa bermanfaat bagi kepentingan pelayanan masyarakat,” tegasnya.



loading...

Feeds