Ternyata Seperti Ini Awal Mula Lentera Gentur di Cianjur

BERKEMBANG: Keberadaan industri lentera gentur telah membantu usaha perekonomian warga dan kini sudah dipasok ke berbagai daerah di Indonesia.

BERKEMBANG: Keberadaan industri lentera gentur telah membantu usaha perekonomian warga dan kini sudah dipasok ke berbagai daerah di Indonesia.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Kreatifitas lentera gentur terus mengalami perubahan seiring zaman. Dari tempat asalnya di Kampung Gentur, lentera ini telah mengalami perubahan desain yang tak bisa dihitung oleh para pengrajinnya. Sebut saja model maroko, dari model primer ini ada model turunan maroko lainnya.

Selain lentera, kini ada hiasan terarium geometri yang juga banyak diminati. Terarium geometri ini masih berbahan kaca dan kuningan yang dibentuk bersudut. Biasanya digunakan untuk hiasaan terarium tumbuhan seperti kaktus dan lainnya yang disertakan pasir atau batu kecil.

Imam Nasirudin (30), seorang pengrajin lentera gentur asal Kampung Jambudipa mengatakan, dari cerita turun temurun lentera gentur ini berawal ketika para santri membuat lentera dari kaleng bekas susu berbahan bakar minyak tanah untuk penerangan mengaji.

Setiap hari santri yang mengaji semakin banyak sehingga banyak pula yang membawa lentera.

“Seiring perkembangan dibuat dari bahan kaleng menggabungkan dengan kaca lalu sekarang kaca dengan kuningan dan dipatri,” ujar Imam.


loading...

Feeds

[14:51, 12/12/2017] Dhoni Pojoksatu. id: BNN Musnakan Ladang Ghat  di Bogor

BNN Musnakan Ladang Ghat yang “Ngumpet” di Bogor

POJOKJABAR.com, Bogor– Keberadaan ladang ghat tanaman yang mengandung zat cathinone kembali dibongkar Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia. Direktorat Narkotika Deputi Peberantasan pada …