BUMDes Wajib Jadi Penggerak Ekonomi Desa di Cianjur

kegiatan sosialisasi program dari Kementerian Desa di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Cianjur.

kegiatan sosialisasi program dari Kementerian Desa di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Cianjur.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat desa melalui kemampuan berproduksi dan penguasaan rantai distribusi berbagai produk yang dihasilkan masyarakat desa. Dengan demikian, nilai tambah produk tidak hanya dinikmati para pedagang tetapi juga masyarakat desa selaku produsen.

Hal ini disampaikan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz.

“Inilah saat yang tepat bagi BUMDes untuk berkiprah secara nyata untuk mengembangkan perekonomian masyarakat desa agar perputaran ekonomi tidak hanya terjadi di perkotaan tetapi menyebar hingga ke pedesaan,” ucapnya usai acara kegiatan sosialisasi program dari Kementerian Desa di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Cianjur.

Neng Eem yakin jika BUMDes berhasil menggeser perputaran ekonomi ke pedesaan, maka akan banyak lapangan kerja yang dapat diciptakan sehingga masyarakat desa tidak akan perlu lagi untuk datang berduyun-duyun ke kota untuk melakukan urbanisasi.

“Karena dengan berbagai aktivitas bisnis yang dilakukan BUMDes, masyarakat desa sudah bisa mendapatkan pekerjaan dengan pendapatan yang layak sehingga kemakmuran masyarakat bisa tercapai,” paparnya.

Menurut Neng Eem, keberadaan BUMDes juga akan mampu menstabilkan harga berbagai bahan pokok masyarakat, khususnya pangan, dan mengurangi dominasi kartel.


loading...

Feeds

[14:51, 12/12/2017] Dhoni Pojoksatu. id: BNN Musnakan Ladang Ghat  di Bogor

BNN Musnakan Ladang Ghat yang “Ngumpet” di Bogor

POJOKJABAR.com, Bogor– Keberadaan ladang ghat tanaman yang mengandung zat cathinone kembali dibongkar Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia. Direktorat Narkotika Deputi Peberantasan pada …