Ini Awal Mula Tradisi Kudang Kosong di Cianjur

ABADIKAN MOMEN: Antusias ribuan masyarakat saat menonton seni budaya kuda kosong ramaikan karnaval Hari Jadi Cianjur ke 340 tahun.

ABADIKAN MOMEN: Antusias ribuan masyarakat saat menonton seni budaya kuda kosong ramaikan karnaval Hari Jadi Cianjur ke 340 tahun.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Kuda kosong sudah menjadi primadona masyarkat Cianjur, baik bagi kalangan muda maupun tua, khususnya pada perayaan pawai arak-arakan beragai acara, seperti halnya pada acara karnaval Hari Jadi Cianjur yang ke 340 yang telah digelar pada tanggal 15 Juli 2017.

Ribuan masyarakat pun antusias rela menonton berdesakan di sepanjang trotoar jalan protokol Cianjur. Selain disuguhkan dengan pertunjukan kuda kosong, ribuan masyarakat pun disuguhkan dengan beragam pertunjukan kebudayaan Cianjur seperti penampilan silat, serta lainnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur, sekaligus ketua panitia Hari Jadi Cianjur yang ke 340, Yeyen Rohyanda mengatakan, kuda Kosong merupakan sebuah tradisi seni dan budaya asli Cianjur, memang salah satu budaya ini sudah sangat melekat khususnya bagi masyarakat Cianjur dari yang tua hingga yang muda.

Yeyen menuturkan, pada zaman dulu itu Cianjur di utus untuk menghadap sunan Mataram, dan kuda kosong tersebut merupakan hadiah dari Mataram.

“Pada intinya dengan digelarnya pertunjukan budaya kuda kosong ini, yakni untuk mengenang sejarah perjuangan pada Bupati Cianjur tempo dulu, yang masa itu Kabupaten Cianjur di jabat oleh Bupati RA Wiratanu II. Dan hingga saat ini kuda kosong tersebut dilestarikan dan dijadikan salah satu budaya yang dimiliki Kabupaten Cianjur,” ujarnya.

Sementara itu, Rohayati (48) warga Kecamatan Cikadu, Cianjur Selatan, mengakui merasa cukup puas dengan acara karnaval yang digelar Pemkab Cianjur, dirinya pun rela datang jauh-jauh hanya untuk menonton beragam pertunjukan yang digelar.

“Dengan beragamnya budaya yang ditampilkan, saya merasa cukup puas dan senang bisa melihat secara langsung beragam penampilan, khususnya melihat kuda kosong karena kuda kosong merupakan budaya Cianjur sejak dari dulu, khususnya pada HUT Cianjur yang ke 340 tahun sekarang ini, saya ucapkan selamat semoga Cianjur lebih maju dan agamis, ”ujarnya.

(radar cianjur/ndk)


loading...

Feeds