Penetapan Satu Ramadan, Ini Kata Kemenag Cianjur

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Hanya dalam hitungan hari, umat muslim di Nusantara bakal menyongsong Bulan Suci Ramadan 1438 Hijriyah. Namun hingga kini, pihak pemerintah belum secara resmi menetapkan kapan jatuhnya 1 Ramadan berdasarkan kalender Hijriyah. Kendati demikian, sejumlah ormas Islam di Indonesia sudah ada yang menetapkan 1 Ramadhan.

Menanggapi hal tersebut, petugas Seksi Penyelenggara Syariah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur, Dani Hamdani mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, Menteri Agama baru akan mengumumkan secara resmi kapan jatuhnya 1 Ramadan setelah sidang isbat bersama DPR-RI. Pengumuman juga akan disiarkan secara langsung di layar kaca serta media lainnya.

“Kita masih pakai metode rukyatul hilal, sseperti biasa. Rencananya, Jumat (26/5) mendatang beberapa petugas dari Kemenag Cianjur akan meluncur ke Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi untuk melakukan metode penghitungan hilal dengan rumus-rumus yang dihitung oleh tim ahli secara langsung,” kata Dani saat diwawancarai Radar Cianjur (Grup Pojokjabar.com) di ruang kerjanya, Jumat (19/5/2017).

Lebih lanjut, jelang penetapan 1 Ramadan nanti, Dani menilai perbedaan pendapat jangan sampai umat muslim tidak terpecah. Yang jelas, masih kata Dani, mayoritas umat muslim dapat mengacu pada aturan yang ditetapkan bersamaan dengan Kemenag RI. Kendati demikian, tidak ada payung hukum yang mengatur bahwa penetapan 1 Ramadan itu harus sama.

“Kalau ada yang sudah menetapkan lebih dulu, seperti Muhammadiyah misalnya, tidak jadi persoalan. Karena kan itu sudah ada sistem penghitungan sendiri dari pusat. Kita juga tentu terus berkoordinasi baik dengan Kemenag Jawa Barat maupun Kemenag Pusat,” tandasnya.

(radar cianjur/lan)



loading...

Feeds

20170725_224115

Ratusan Buruh Kepung PT.Kinugawa

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Ratusan buruh yang tergabung kedalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melakukan aksi demo di depan pabrik …
uang

Audit Anggaran Urusan Pekerjaan Umum

Berdasarkan kajian sementara, terdapat sejumlah penyebab yang membuat banyak kegiatan tidak terlaksana. Di antaranya karena keterbatasan waktu pengerjaan, ada keraguan …