Buru Pelaku Pengrusakan Hutan TNGGP

SIAGA : BBTNGGP tingkatkan kesiapsiagaan pengamanan kawasan Gunung Gede Pangrango.

SIAGA : BBTNGGP tingkatkan kesiapsiagaan pengamanan kawasan Gunung Gede Pangrango.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTGGP) gelar apel kesiapsiagaan, Jumat (19/5). Langkah ini sebagai upaya dalam perlindungan dan pengamanan kawasan hutan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menjelaskan, TNGGP merupakan kawasan strategis dan memiliki potensi wisata yang masih banyak belum tergali. Sehingga pihaknya bersama – sama untuk bisa meningkatkan kemampuan personil Polhut untuk melakukan pengamanan.

”Berbagai ancaman pun terjadi, bahkan mengarah ke tindakan pidana,” jelasnya.

Dilanjutkannya, berdasarkan investigasi dan keterangan Tim Polisi Hutan TNGGP saat melakukan operasi, ada sekelompok orang yang memang terganggu dengan operasi tersembunyi yang dilakukan tim TNGGP. Padahal ini demi memberantas kerusakan hutan.

”Hasilnya ada beberapa titik kawasan konservasi TNGGP rusak. Pelakunya beroperasi secara berkelompok, dan ini terus diawasi. Salah satu yang diamankan yakni Didin, dia merupakan salah seorang otak pelaku pengrusakan. Saat mencari cacing sonari Didin dan kelompoknya turut menebang pohon. Makanya Didin kami amankan dan saat ini statusnya tahanan titipan di Polres Cianjur,” ungkapnya.

Pihaknya saat ini masih memburu pelaku perusakan hutan lainnya. Jadi kasus ini masih dalam pengembangan.



loading...

Feeds