Perpustakaan Daerah Cianjur Putar Otak Tarik Pengunjung

LENGANG: Salah seorang pengunjung sedang membaca buku di Perpustakaan Daerah Cianjur seorang diri.

LENGANG: Salah seorang pengunjung sedang membaca buku di Perpustakaan Daerah Cianjur seorang diri.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Lebih kurang 18 ribu eksemplar buku yang bertumpuk jarang dijamah di Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Cianjur sepertinya belum cukup menarik minat baca masyarakat Cianjur. Padahal, Rabu (17/5) lalu diperingati sebagai Hari Buku Nasional.

Sayangnya, momentum tersebut tek terdengar gaungnya seolah menjadi angin lalu. Otomatis, pengelola perpustakaan yang berada di bawah naungan Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Cianjur itu harus memutar otak bagaimana caranya agar minat baca di Cianjur dapat terus ditingkatkan.

“Sebenarnya mungkin karena gedung lama sedang diperbaiki, sementara kita menempati gedung bekas SMANDA ini bersama beberapa instansi lainya. Kita ingin sekali perpustakaan daerah Cianjur ini seperti perpustakaan di kota/kabupaten lain yang bisa menarik minat orang untuk berkunjung,” ungkap Kasi Layanan Perpustakaan, Dewi Korawati saat ditemui Radar Cianjur (Grup Pojokjabar.com), Kamis (18/5/2017).

Era digital seperti sekarang ini, masih kata Dewi, menjadi tantangan tersendiri bagaimana caranya agar suasana perpustakaan Cianjur bisa tetap hidup, diisi oleh para peminatnya. Berdasarkan data yang ia miliki, per tahun 2016 kemarin, jumlah kunjungan mencapai 27.590 pengunjung.

Lonjakan drastis ada di bulan Oktober dengan jumlah kunjungan mencapai 2.942 pengunjung. Sementara untuk tahun 2017 hingga bulan April, jumlah kunjungan sudah mencapai angka 9.653 pengunjung dengan lonjakan pada bulan April sebanyak 2.492 pengunjung.

“Sekarang peminat buku berkurang karena orang sudah beralih ke gadget. Sekarang kebanyakan orang sudah malas baca buku. Padahal disitu gudang ilmu dan pengetahuan,” tambah Dewi.

(radar cianjur/lan)


loading...

Feeds

ilustrasi gempa Tasikmalaya, Jawa Barat

Kisah Kiper Persib Alami Gempa

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Korban gempa ternyata juga hampir membuat Kiper Persib Imam Arief Fadhilah menjadi korban. Refleksnya saat itu Imam selamatkan …
Aksi Tolak Trump dari Purwakarta (FB Ikbal Fauzi.)

Warga Purwakarta Tolak Pernyataan Trump

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA– Aliansi Masyarakat Selamatkan Al-Aqsha (AMSA) Purwakarta menggelar Aksi Bela Palestina di Jalan Kemuning, Nagrikaler, Purwakarta, Sabtu (16/12/2017). Hal …