Potensi Wisata Alam Cipanas yang Minim Perhatian

INDAH: Pemandangan Kota Cipanas dilihat dari atas Gunung Kasur.

INDAH: Pemandangan Kota Cipanas dilihat dari atas Gunung Kasur.

POJOKJABAR.com,CIANJUR – Pariwisata alam di Cianjur Utara harus dikembangkan. Pasalnya masih banyaknya potensi alam yang bisa dikembangkan menjadi tempat wisata.

Ketua Gerakan Masyarakat Cianjur Utara (Gemacita) Ade Kosasih menjelaskan masih ada potensi wisata alam yang belum tergarap. Pemerintah ke depannya harus paham tentang pariwisata dengan memiliki konsep pemetaan.

“Misalnya potensi alam di Gunung Kasur di Desa Gadog dan Desa Cibodas Kecamatan Pacet. Gunung Kasur itu seperti Puncak bisa untuk gantole, paralayang, dan
ziarah karena ada situs disana, ” jelasnya.

Ini merupakan potensi yang besar tinggal bagaimana pembangunan infrastruktur, fasilitas seperti tempat parkir, WC umum, dan penghijauan.

“Namun tetap penataan kawasan mengedepankan wisata berbasis lingkungan. Konsep ini harus dibangun dengan bersinergi pemerintah bersama masyarakat,” tuturnya.

Selain itu penataan kawasan Agropolitan harus bisa dibangun, karena pesona alam di daerah tersebut sangat berpotensi sekali untuk dikembangkan.

“Saya sayangkan pengembangan wisata  alam di Cipanas yang ada belum maksimal dan tidak berkembang, makanya harus ada inovasi pengembangan potensi tersebut, ” tegasnya.

Sangat sayang sekali jika potensi alam di Cipanas tidak dimaksimalkan, karena sebenarnya Cipanas bisa menjadi kota pariwisata.

“Pemkab  kami desak supaya membuat pemetaan lokasi wisata untuk dikunujungi, misalnya zonasi Cipanas dan Pacet sebagai wisata hiburan dan pertanian, Cugenang perkebunan, Cikalongkulon wisata religi dan wisata arum jeram,” tukasnya.

(radar cianjur/fhn)


loading...

Feeds

ilustrasi gempa Tasikmalaya, Jawa Barat

Kisah Kiper Persib Alami Gempa

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Korban gempa ternyata juga hampir membuat Kiper Persib Imam Arief Fadhilah menjadi korban. Refleksnya saat itu Imam selamatkan …
Aksi Tolak Trump dari Purwakarta (FB Ikbal Fauzi.)

Warga Purwakarta Tolak Pernyataan Trump

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA– Aliansi Masyarakat Selamatkan Al-Aqsha (AMSA) Purwakarta menggelar Aksi Bela Palestina di Jalan Kemuning, Nagrikaler, Purwakarta, Sabtu (16/12/2017). Hal …