Waspada… Lima Desa di Cianjur Siaga Longsor

ilustrasi longsor

ilustrasi longsor

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Hasil kajian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia melansir bahwa Desa Cibanteng, Kubang, Sukamahi, Cikancana, dan Rawabelut rawan longsor. Saat ini status ke 5 desa tersebut siaga, karena hujan deras kerap mengguyur wilayah Sukaresmi.

Camat Sukaresmi Badru mengaku ada lima desa di Kecamatan Sukaresmi yang saat ini siaga longsor, lantaran satu bulan Sukaresmi kerap diterjang hujan deras disertai angin kencang. Kondisi ini membuat warga, dan jajaran pemerintah desa siaga siang hingga malam.

“Hujan deras kerap mengguyur di Sukaresmi makanya kami terus siaga. Bahkan saat ini BPBD Kabupaten Cianjur pun terus monitor, terlebih jika saat hujan turun,” jelasnya.

Menurutnya Kementerian ESDM pun sudah melakukan kajian dan hasilnya kelima desa tersebut kontur tanah labil. Sedangkan puluhan pemukiman warga di lima desa itu memiliki tingkat kemiringan yang berbahaya.

“Warga yang tersebar di lima desa itu sebenarnya dilema, mau pindah rumah tak punya uang tetapi kalau dipaksakan khawatir malah menjadi korban bencana,” terangnya.

Diakuinya warga yang tinggal di areal rawan bencana itu sudah turun temurun disana, sehingga mereka tak memiliki pilihan lain selain tinggal disana. Meskipun demikian Badru sudah mengimbau kepada para Kepala Desa agar masyarakat waspada dan selalu siaga.



loading...

Feeds