Cipanas Butuh Rumah Singgah Anjal

Ilustrasi Anak Jalanan (Anjal)

Ilustrasi Anak Jalanan (Anjal)

POJOKJABAR.com, CIPANAS – Anak jalanan di Cipanas semakin menjamur. Hal ini menjadi sorotan dari Dinas Sosial Kabupaten Cianjur.

”Dari sekian jumlah anak nakal, rata-rata anak jalanan, dan berpotensi terseret hukum, baru 20 yang ikut pembinaan rehabilitasi. Mereka itu, kami tangani dengan cara pendekatan,” ungkap petugas TKSK Cipanas, Aat Atikah.

Menurutnya, anak berpotensi teseret hukum di wilayah Cipanas jumlahnya tergolong banyak. Namun pihaknya baru mampu menyelesaikan 30 persen saja.

Setelah ditelisik rata-rata kasus yang dialami mereka dilatar belakangi mereka yang minim mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya. Untuk itu perlu penanganan serius melalui pendekatan atau sentuhan kasih sayang.

”Upaya yang kami lakukan yaitu dengan cara pendekatan, dan mengajak mereka mengikuti pelatihan serta memberikan kesempatan sekolah bagi mereka yang masih niat. Sebab, banyak diantara mereka itu usianya wajib sekolah, namun selama ini putus sekolah,” jelasnya.

Disayangkannya masih minim rumah singgah di wilayah Cianjur Utara merupakan salah satu kendala dalam penangan kasus tersebut.

“Jujur kami terkendala sarana dan prasarana dalam melakukan pembinaan terhadap para anak jalanan (anjal) di Cipanas. Sehingga, mereka tidak mendapat ruang untuk berekspresi. Makanya kami akan membuat rumah singgah dengan beberapa aktivis sosial yang peduli anak jalanan,” terangnya.

(radar cianjur/fhn)



loading...

Feeds