Ada Taman Tematik Liana di Kebun Raya Cibodas Cianjur

Peresmian Taman Tematik Liana oleh Wakil Bupati Cianjur

Peresmian Taman Tematik Liana oleh Wakil Bupati Cianjur

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Ribuan wisatawan berduyun – duyun memasuki Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas (BKT KRC) – LIPI , Selasa (11/4/2017). Mereka datang karena KRC tengah merayakan ulang tahun ke-165, sehingga pengunjung bebas masuk tanpa dipungut biaya.

Nampak wisatawan begitu menikmati suasana alam khas KRC yang berdiri sejak jaman Belanda. Selain itu mereka ikut meramaikan sejumlah rangkaian kegiatan seperti pameran, panggung hiburan, stand bazar, foodtruck, photo booth dan lainnya. Kemudian, kegiatan lainnya yakni penanaman pohon sebanyak 3.525 di luar kawasan Kebun Raya Cibodas, yang terdiri atas tanaman buah, kayu, toga, dan tanaman hias.

“HUT ke 165 kami meresmikan Taman Tematik Liana, taman tersebut merupakan taman tematik ke -11 yang dimiliki KRC. Taman Liana ini berada di tengah areal kebun raya seluas 1.200 meter persegi dengan koleksi tanaman merambat sebanyak 120 spesimen,” ujar Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas (BKT KRC) – LIPI Agus Suhatman.

Taman Tematik Liana ini berisi koleksi tanaman merambat yang ditata sesuai dengan nilai estetikanya. Berdasarkan data yang dihimpunya hingga 2017, kebun raya ini telah mengoleksi 1.851 jenis tanaman termasuk di dalamnya terdapat 46 jenis tanaman yang memiliki status konservasi terancam punah dan sangat terancam punah.

“Peresmian Taman Tematik Liana merupakan upaya dalam menambah jumlah keanekaragaman tanaman koleksi yang ada di Kebun Raya Cibodas,” ungkap Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH) LIPI, Enny Sudarmonowati.

Menurutnya tumbuhan liana banyak digunakan sebagai peneduh pergola dan sebagai tanaman hias. Taman tematik ini berisi tanaman liana yang terdiri atas 24 suku, 38 marga, 30 jenis, dan 36 masih berstatus sp dari 126 spesimen.

“Koleksi tanaman liana merupakan hasil kegiatan eksplorasi dari kawasan Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi Tengah,” paparnya.

Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI Didik Widyatmoko mengakui kehadiran Kebun Raya Cibodas ini telah mendongkrak perekonomian, baik skala lokal Cianjur maupun skala nasional. Kehadiran kebun raya itu juga telah memberikan kontribusi nyata terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Cianjur.

“Dimana setiap tahun lebih dari 500 ribu pengunjung, baik wisatawan lokal maupun asing datang ke Kebun Raya Cibodas. Kami akan terus berupaya memberi kebermanfaatan dari segala aspek bagi lingkungan dan masyarakat sekitar,” singkatnya.

(radar cianjur/fhn)



loading...

Feeds

perda

DPRD Kota Depok Sahkan Tiga Perda

DPRD Kota Depok mengesahkan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Depok, Jumat, …
KEMANDIRIAN: Perempuan nelayan mengikuti pelatihan pendampingan APWI Kabupaten Sukabumi untuk mewujudkan usaha mandiri. FOTO:SUBHAN/RADARSUKABUMI

APWI Kabupaten Sukabumi Gandeng Perbankan

Keseriusan Asosiasi Pendamping Wiraswasta Indonesia (APWI) Kabupaten Sukabumi dalam menciptakan pengusaha mulai tampak. Salah satunya saat ini APWI melakukan pendampingan …
BPJS Kesehatan

Hipertensi Paling Banyak Sedot Anggaran BPJS

Meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan menggelar kegiatan “BPJS Kesehatan …