7 Hal Menarik Dibalik Megahnya Situs Gunung Padang Cianjur

Gunung Padang

Gunung Padang

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Ada yang menarik di Kabupaten Cianjur. Ya, di daerah yang berjuluk Kota Santri itu terdapat salah satu situs prasejarah tertua di Dunia. Warga sekitar menyebutnya Situs Megalithikum Gunung Padang.

Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Ada beberapa hal unik dan menarik yang Kamu harus ketahui dibalik megahnya Situs Megalithikum Gunung Padang, diantaranya:

1. Lebih Tua dari Piramida Giza
Berbagai temuan tim terpadu penelitian mandiri Gunung Padang melakukan uji radiometrik karbon (carbon dating, C14). Menariknya hasil uji karbon pada laboratorium Beta Miami, di Florida AS, menera bahwa karbon yang didapat dari pengeboran pada kedalaman 5 meter sampai dengan 12 meter berusia 14.500-25.000 tahun. Itu membuktikan bangunan di bawah permukaan situs Gunung Padang terbukti secara ilmiah lebih tua dari Piramida Giza.

Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan duduk di batu kursi di Gunung Padang

Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan duduk di batu kursi di Gunung Padang

2.Nagara Siang Padang
Dahulu Situs Gunung Padang mempunyai nama lain yaitu Nagara Siang Padang yang artinya jika diurai kata per kata, Nagara berarti negara, Siang berarti kesiangan atau telat, atau penghujung, atau akhir. Lalu Padang punya arti cahaya atau penerang.


loading...

Feeds