Ih Serem… Cerita Mistis Juru Kunci Makam Eyang Dalem Cikundul

Warga berziarah di maka Eyang Dalem Cikundul

Warga berziarah di maka Eyang Dalem Cikundul

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Di Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon terdapat makam tokoh besar sekaligus Ulama besar yang dikenal dengan sebutan Makam Dalem Cikundul, yang sudah mahyur hingga ke berbagai daerah bukan hanya di Jawabarat, tapi juga nusantara.

Makam Dalem Cikundul di desa ini sudah sangat membumi, bukan hanya mahsyur di Cianjur dan Jawa Barat tapi juga banyak umat muslim dari luar Jabar yang berdatangan untk berziarah ke tempat ini.

Makam ini merupakan makam Raden Aria Wiratanudatar atau populer disebut Mama Dalem Cikundul. Ulama yang menyebarkan Islam sekaligus pelopor pemerintahan Cianjur.

Banyak cerita soal makam keramat ini. Juru Kunci makam KH Edi Marjuki merupakan saksi perkembangan kawasan ini sejak berusia dini. Areal makamnya saja kurang lebih seluas 300 meter persegi, tapi menuju ke maqom itu jemaah harus menaiki tangga yang cukup tinggi.

KH Edi Marjuki menjelaskan, dia bertugas mengantar satu demi satu tamu baik dari dalam maupun luar kota yang hendak berziarah. Sudah banyak cerita sepanjang perjalanannya menjadi juru kunci.



loading...

Feeds

SINERGI: (kiri kekanan) Kajari Depok Sufari, Letkol Inf R. Moch. Iskandarmanto, Walikota Depok, Muhammad Idris, Letkol Inf. Slamet Supriyanto, Kapolresta Depok Kombespol Herry Heriawan, Kepala PN Depok Budi S, saat acara lepas sambut Dandim 0508/DPK. Ist

Forkopimda Kota Depok Harus Kompak

POJOKJABAR.com, DEPOK – Setelah melakukan pisah sambut di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0508/DPK, Jumát (13/10/17). Prosesi pergantian Komandan Kodim …