Gawat! Kota Bonsai Terancam Lenyap

Bonsai Cipanas

Bonsai Cipanas

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Sebutan Cipanas sebagai Kota Bonsai terancam lenyap. Sebagai daerah yang dikenal sebagai penghasil pertama kali tanaman hias bonsai di Indonesia, dalam kondisi sekarat, karena promosi yang minim.

Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Cianjur, Emus Sofyan menjelaskan, setelah sekian tahun berjalan hingga saat ini perhatian Pemerintah Kabupaten Cianjur, untuk mempromosikan tanaman bonsai dirasakan masih kurang. Sehingga keberadaan sekitar 3.800 orang petani bonsai, dan pengrajin pot nasibnya kian merana.

“Kami sangat mengharapkan, Pemkab Cianjur bisa menyediakan lahan untuk sentra pedagang dan petani bonsai. Tak hanya itu Pemkab Cianjur harus bisa membantu proses pemasaran,” tuturnya.

Menurutnya, sekarang petani malah yang berpencar, sehingga diantara mereka ada yang gulung tikar hingga alih profesi. Padahal, petani bonsai itu berpotensi sekali, dan diakui oleh nasional serta disenangi turis mancanegara.

“Petani bonsai di Pacet khususnya ini sangat berpotensi sekali dan berprestasi. Akan tetapi karena minimnya sokongan pemerintah, akhirnya satu per satu petani bonsai mulai bangkrut,” keluhnya.


loading...

Feeds

Pemkot Cirebon, memberikan bantuan kepada korban banjir. Foto: pey/pojokjabar

Pemkot Beri Bantuan Korban Banjir Suba

POJOKJABAR.com CIREBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon langsung memberikan bantuan langsung ke warga yang terdampak banjir luapan aliran sungai Suba, Jumat (23/2/2018) …