Posong Belut Raksasa Semarakkan Gebyar Muharram di Cibeber Cianjur

Posong Belut Raksasa

Posong Belut Raksasa

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Posong belut raksasa ukuran 8×3 meter dari bahan bambu ramaikan dan semarakkan ‘Gebyar Muharram’ di alun-alun Kecamatan Cibeber, Selasa (11/10/2016) dalam rangka Pekan Hari Besar Islam (PHBI) yang digelar Muspika Cibeber.

Dikatakan H E Supardi (60), salah satu budayawan asli putra daerah menuturkan, mempertahankan dan mewujudkan seni budaya ini merupakan suatu kearifan lokal. Melalui ‘Posong Belut’ bila dijabarkan atau diceritakan secara detail perjalanannya panjang tak akan habis bercerita dua sampai tiga jam.

“Saya beberkan saja sejarah cerita singkatnya saja, perlu diketahui seni budaya posong sudah terkenal hingga ke Singapura. Dikemas dengan berbagai seni tradisional lainnya salah satunya itu melalui ‘Tarian Belut’ selain dibuatnya posong belut ukuran besar saat ini mengisi acara PHBI 2016 saat ini,” bebernya.

Pihak pengrajin juga sekaligus penggagas seni kearipan lokal ‘Posong Belut’ ini menyebutkan, untuk pengerjaan menghabiskan waktu hingga seminggu lebih. Pasalnya, pembuatan harus benar-benar serius dan perlu ketelitian khusus tak semudah yang dibayangkan. Sedikitnya ada sekitar tiga sampai enam pengrajin yang selalu menggeber pengerjaan posong.


loading...

Feeds