Rangkul Ojek Jadi Mitra Polisi

SIMBOLIS : Kapolres Cianjur, AKBP Dedy Kusuma Bakti saat memberikan helm gratis kepada 15 pangkalan ojek di Kota Cianjur, Karang Tengah dan  Cilaku Senin (13/4).

SIMBOLIS : Kapolres Cianjur, AKBP Dedy Kusuma Bakti saat memberikan helm gratis kepada 15 pangkalan ojek di Kota Cianjur, Karang Tengah dan Cilaku.

POJOKSATU.id, CIANJUR – Keberadaan ojek di Cianjur kini tak hanya sekedar sebagai pekerjaan semata saja. Namun, Polres pun turut memberikan apresiasi dan pembinaan untuk membentuk ojek agar menjadi mitra kepolisian.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Didin Jarudin melalui Kanit Regident Satlantas Polres Cianjur, Iptu Luky Martono mengatakan, keberadaan ojek dirasakan banyak membantu kepolisian, terutama dalam mensosialisasikan tertib berlalu lintas kepada masyarakat.

“Ojek potensial memberikan informasi ke polisi mengenai gangguan kamtibmas. Mereka dengan cepat menyampaikan informasi sehingga kami bisa segera melakukan penanganan,” kata Luky.

Ia menambahkan, ojek perlu diberikan pembinaan keselamatan. Artinya, selama bekerja, ojek dinilai sangat rentan menjadi sasaran kejahatan. Berkomunikasi dengan jarak yang sangat dekat memerlukan kesiapan fisik dan mental saat bertemu penjahat.

Untuk itu, materi dan praktek untuk menjaga diri pun sangat diperlukan. Baginya, memberikan helm gratis kepada sejumlah pangkalan ojek akan mampu menekan tindak kejahatan di lokasi ojek beroperasi.

“Paling tidak ada shock terapy untuk masyarakat yang berniat melakukan kejahatan sehingga dapat mengurungkan niatnya,” papar Kanit. Di balik itu, ia menuturkan, helm pemberian dapat dikenakan bagi setiap ojek yang sudah terdaftar dalam data Polres Cianjur.

Helm-helm itu wajib dikenakan saat ojek sedang beroperasi khususnya saat membawa penumpang. (ruh/yaz)

Feeds