Waspada, Jembatan Ini Nyaris Ambruk

BERBAHAYA : Setiap pengendara wajib berhati-hati saat melintasi jembatan perlintasan Desa Sukamulya-Cijagang karena kondisi jembatan nyaris ambruk.

BERBAHAYA : Setiap pengendara wajib berhati-hati saat melintasi jembatan perlintasan Desa Sukamulya-Cijagang karena kondisi jembatan nyaris ambruk.

POJOKSATU.id, CIANJUR – Musim hujan saat ini rawan kejadian bencana alam terjadi. Infrastruktur pembangunan yang dikerjakan kurang maksimal akan cepat rusak. Salah satunya jembatan perlintasan Desa Sukamulya dan Desa Cijagang.

Salah satu jembatan yang terletak di Kampung Pangkalan RT01/RW02 Desa Sukamulya kini kondisinya memprihatinkan. Namun, berdasarkan penuturan warga setempat, sudah ada peninjauan ke lokasi dari Dinas PU Bina Marga Cianjur melalui petugas dan kabarnya pihak pelaksana akan segera melakukan pembenahan.

“Tapi entah kapan pelaksanaannya akan berjalan. Pasalnya, melihat jembatan ini selalu dilalui dan ramai dilintasi warga dua desa. Maka itu,kami berharap segera ada perbaikan yang serius dari dinas terkait,” aku Enjang (42) warga setempat saat di lokasi, Selasa (13/4) siang, kemarin.

Kejadian nyaris ambruknya jembatan tersebut akibat guyuran hujan yang deras dan air sungai di bawah jembatan yang kerap menghantam benteng pondasi di bawahnya. Akibat tak sanggup menahan arus air yang begitu besar membuat jembatan sedikit demi sedikit menjadi retak dan nyaris ambruk.

Belum lagi, ketika malam kondisi jalan gelap akibat tak ada fasilitas penerangan jalanumum (PJU). “Makanya sekarang juga warga memasang patok atau garis peringatan. Khawatir warga dari luar daerah tidak mengetahui ada yang retak dan terjadi kecelakaan,” beber Aang (55) warga setempat lainnya saat ditemui wartawan koran ini.

Retakan sisi jembatan mencapai sekitar sepuluh meter ketinggiannya dan panjang enam meter. Rencana perbaikan sudah melalui pengukuran PU Bina Marga Cianjur tiga hari yang lalu bahkan sudah beberapa kali ditinjau oleh pemborong.(mat/dep)

Feeds