Bendungan Cikundul-Cipurut Jebol

SEADANYA : Pemdes Cijagang beserta warga bergotong-royong memasang bronjong untuk mencegah air kembali meluap.

SEADANYA : Pemdes Cijagang beserta warga bergotong-royong memasang bronjong untuk mencegah air kembali meluap.

POJOKSATU.id, CIANJUR – Besarnya luapan air sungai di Bendungan Cikundul-Cipurut yang deras dan pasang saat musim hujan mengakibatkan jebol sepanjang sekitar 27 meter. Hingga saat ini masih dalam tahapan proses perbaikan seadanya oleh pemerintah setempat dibantu warga hasil swadaya masyarakat.

Pantauan Radar Cianjur (Grup Pojoksatu.id), (13/4), akibat luapan air begitu deras lahan pertanian sawah dan perikanan kolam milik warga terkena imbasnya. Meskipun dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa namun terhitung sejak Selasa (31/3) air tak kunjung surut.

Berdasarkan informasi yang disampaikan pihak desa, kerugian ditaksir mencapai Rp2,835 milyar. “Ya, kerugian memang cukup besar karena melihat kondisi jebolnya bendungan harus direhab total. Bahkan, pihak PSDAP dan Porkab Minta Cai sudah meninjau ke lokasi,” aku Kepala Desa Cijagang yang akrab disapa Juna.

Akibat jebolnya bendungan tersebut, perikanan warga seperti kolam ikan ditaksir merugi karena banyak yang mati bahkan mencapai sekitar Rp25 juta. Rata-rata warga setempat memiliki lahan kolam dengan ukuran tiap kolam sekitar 2×3 meter.

“Kami berharap sekali atas nama pemerintah setempat mewakili warga butuh bantuan rehab total. Karena biaya untuk pembangunan bendungan tidak sedikit,” beber Sekdes Cijagang, Deden S kepada wartawan koran ini.

Sementara, pihak desa setempat sudah memberikan laporan kepada kecamatan agar bisa memfasilitasi untuk disampaikan kepada Pemkab Cianjur melalui dinas terkait. Sementara ini, hanya baru ada bantuan dari PSDAP dan Porkab Mitra Cai berupa 60 bronjong.

“Bendungan mengairi dua desa yaitu Desa Cijagang dan Desa Sukamulya. Kami, berharap segera ada bantuan secepatnya karena khawatir akan terjadi banjir susulan,” papar Deden.

Saat ini, desa dan warga sedang menggelar kerja bakti setiap hari. Tapi, terkendala cuaca dengan intensitas hujan tinggi. (mat/dep)

Feeds