Pengembangan Ikan Hias Disini Sangat Menjanjikan

IKAN KOI: Peternak Ikan Koi di kawasan Cipanas perlihatkan ternak mereka. Foto : Farhan / Radar Cianjur/ Pojoksatu.id

IKAN KOI: Peternak Ikan Koi di kawasan Cipanas perlihatkan ternak mereka. Foto : Farhan / Radar Cianjur/ Pojoksatu.id

 

POJOKSATU.id, CIANJUR – Kawasan Cipanas, Pacet, dan Cugenang dinilai cocok untuk pengembangan ikan hias. Lantaran, dinilai kawasan itu kondisi airnya cocok untuk pengembangan ikan hias.

Kepala Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Cianjur Djoni Rozali menjelaskan, berdasarkan data dari Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Jabar, daerah Cipanas serta Pacet sangat menjanjikan pengembangan budidaya ikan hias.

“Kawasan Cianjur Utara itu cocok untuk pengembangan ikan hias seperti ikan koi dan ikan hias koki. Untuk pemasarannya kini sudah banyak yang dikirim hingga keluar Pulau Jawa,” paparya.

Dia menjelaskan, sentra ikan hias di Cianjur, juga kini sudah ditunjuk pemerintah 3 kecamatan tersebut, karena kondisi air di wilayah utara sangat cocok untuk pembudidayaan ikan hias.

“Ikan hias koi hasil budidaya petani Cianjur Utara itu dengan kualitas super, sehingga banyak dicari para kolektor ikan koi,” paparnya.

Bahkan, bisa dibilang kualitas Koi Cianjur lebih baik dibandingkan dengan Koi yang berasal dari Blitar, Jawa Timur. Pasalnya, ikan koi dari Blitar jika sudah besar warnanya akan pudar, sementara koi Cianjur itu warnanya justru akan lebih muncul.

“Makanya, pengembangan ke depan harus dilakukan secara memadai untuk memberikan jaminan terhadap kualitas produk,” tandasnya.(fhn/dep)

Feeds