Menelisik Pelajar Perempuan Jadi Pecandu Rokok (2) Sering Nongkrong di Taman Kota

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSATU.id, CIANJUR – Umumnya para perokok adalah para kaum pria ataupun orang-orang dewasa, namun ternyata ada dari kalangan para pelajar yang sudah mengkonsumsi rokok. Ironisnya tak sedikit pelajar putri pun yang mengkonsumsi rokok.

Farid (30) salah seorang guru asal Ciranjang mengatakan, bisa jadi awalnya pelajar perempuan terpengaruh dari teman di sekolah maupun di lingkunganya, atau anak muda yang tidak tahu latar belakangnya. “Para pelajar perempuan yang senang akan merokok mengapa bisa ikut-ikutan hingga akhirnya terjerumus? Karena, bergaul bersama teman pelajar lainnya, atau anak muda yang tak dikenal latar belakangnya, dan akhirnya jadi kebiasaan merokok,” kata Farid.

Dimana kebiasaan mereka merokok?. “Yang saya ketahui, para pelajar khususnya pelajar perempuan bila melakukan kebiasaan merokok di suatu tempat di ruang kamar, atau kosan, dan ada juga di beberapa tempat, seperti taman kota, atau tongkrongan bisanya mereka berkumpul, atau juga diajak sama gank atau kelompoknya,” paparnya.

Jika tak memiliki mental yang kuat, jangan berharap mereka bisa masuk ke dalam kelompok tersebut. Selain itu ada juga berawal seorang pelajar perempuan ikut-ikutan tawuran dengan pelajar laki-laki. “Biasanya kalau sudah ikut-ikutan tawuran, maka dia akan jadi pecandu rokok, awalnya perokok pemula, dan akhirnya menjadi perokok berat. Jangan sampai rasa ingin mencoba lagi menyebabkan halusinasi mungkin itu kecil, tapi bisa merembet rasa ingin tahu dan mencoba akan bahaya narkoba,” ungkapnya.

Dia menambahkan, berawal dari teman menawari mencoba merokok, biasanya mereka selalu akan mencoba. “Nah anak sekarang ini biasanya lebih pilih mendengarkan teman di sekolah, daripada orang tua. Ya makanya dengarkanlah nasehat orang tua, dan guru agar tidak terjerumus hal sepele rasa ingin tahu, dan mencoba. Hingga akhirnya tidak bisa meninggalkan kebiasaan itu,” paparnya.

Pemerhati Pendidikan Cianjur Yuda menyebutkan, kondisi lingkungan menjadi penyebab utama pejalar perempuan jadi pecandu rokok. Tetapi tidak semua lingkungan bisa negatif buat mereka. “Lingkungan anak jalanan yang kerap membuat mereka terjerumus jadi perokok aktif, jadi pecandu rokok biasanya diajak nongkrong di trotoar, taman kota, tempat sepi, wisma emperan, dan lainnya. Mereka juga berteman dengan yang biasa perokok nakal, jadi lingkungan yang seperti itu penyebab anak muda berujung jadi pecandu rokok pemula,” terangnya.(mat/dep)

Feeds