Empat Kampung Dilanda Pergeseran Tanah

HANCUR : Belasan rumah rusak akibat longsor Cipanas.

Ilustrasi

POJOKSATU.id, CIANJUR – Empat Kampung di Desa Girimulya kembali dilanda bencana pergesaran tanah yang mengakibakan sebagai rumah warga terkena dampaknya. Pergeseran berdampak pada wilayah Kampung Rawadage, Cipajagan, Panyocokan dan Cisadea.

Di Kampung Rawadage tepatnya di RT04/RW06 rumah milik Uyan, Ubad dan Oneng kini kondisinya sangat mengkhawatirkan. Sebagian dapur ambruk akibat tertimbun longsor bahkan nyaris ambruk akibat penyangga rumahnya terkena pergeseran tanah.

Di Kampung Cipajagan tepatnya di RT03/RW06 rumah milik Bebe, Adin ,Aisah dan Odin juga terancam. Sedangkan di Kampung Panyocokan RT04/RW04 rumah milik Dani, Engkos dan Ace pun menjadi sasarannya.

Yang terakhir di Kampung Cisadea RT05/05 satu rumah milik warga bernama Aos pun menjadi sasaran pergeseran tanah. “Hampir rata-rata kejadian ini menimpa rumah warga, lantaran pergesaran tanah akibat diguyur hujan dan lahan kostur tanah yang labil,” terang Kepala Desa Girimulya, kemarin.

Ironisnya, akibat guyuran hujan tidak hanya rumah saja bahkan pondasi yang dikerjakan warga secara swadaya di Kampung Rawadage amblas. Pasalnya, tembok penyangga tidak mampu menahan tanah lahan labil.

“Saya meminta pihak terkait segera melakukan langkah antisipasi dengan melakukan pengecekan ke lapangan. Apakah pemukiman warga di sekitar Kampung Rawadage itu masih layak untuk ditempati atau sebaliknya?,” tutur Dadin.

Sebab, sambung Dadin, beberapa tahun lalu, warga Kampung Rawadage sempat dievakuasi atau diungsikan ke tempat yang lebih aman. Padahal, penduduk di Kampung Rawadage tidak kurang dari 62 KK.

“Kami tidak mau terjadi longsor susulan atau pergeseran tanah yang bisa mengakibatkan kerugian bagi masyarakat. Lantaran, saat ini Gunung Masigit berada di atas perkampungan Rawadage dan sudah mengeluarkan air. Dan kalau tidak segera dilakukan antisipasi, maka tidak menuntut kemungkinan hal tidak diharapkan terjadi.

“Kami meminta pihak Peti MPG yang tau persis tentang pergerakan tanah agar segera melakukan pengecekan kondisi tanah di Desa Girimulya, khususnya Kampung Rawadage,” tandasnya. (rik/dep)

Feeds