UMKM Cianjur Perlu Suntikan Modal

BUTUH BANTUAN : Keberadaan UMKM di Cianjur kerap terbentur ragam kendala dan masih membutuhkan bimbingan dan modal.

BUTUH BANTUAN : Keberadaan UMKM di Cianjur kerap terbentur ragam kendala dan masih membutuhkan bimbingan dan modal. Foto : Iyaz/Radar Cianjur / Pojoskatu.id

POJOKSATU.id, CIANJUR – Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di Cianjur kerap tumbuh layaknya cendawan di musim hujan. Namun, pertumbuhan itu pun nampaknya masih hangat-hangat kuku. Artinya, mudah tumbuh namun juga mudah untuk hilang akibat kekurangan modal.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Diskop-UMKM) Kabupaten Cianjur, Ridwan Ilyasin mengatakan, pada umumnya masyarakat Cianjur memiliki niat yang kuat untuk membangun usaha. Namun, modal yang terbatas membuat calon pelaku UMKM kerap mengurungkan niatnya.

“Kita akan adukan kendala modal ini ke Kementerian Koperasi dan UKM untuk menanggulangi permasalahan modal seperti ini,” ujarnya kepada Radar Cianjur (Grup Pojoksatu.id). Ia menambahkan, kendala UMKM tak cukup sampai disitu.

Apabila sudah memiliki modal, UMKM kerap terbentur dengan kendala pemasaran. Takl heran banyak UMKM yang malah gulung tikar ketika sudah memulai usahanya dalam waktu yang relatif singkat.

“Belum lagi banyak kompetitor (pesaing) yang sudah lebih maju akan membuat sulit UKM baru,” tutur Kadis. Untuk itu, Diskop-UMKM rutin menggelar sosialisasi dan pelatihan ke sejumlah desa.

Tujuannya, agar pelaku dan calon pelaku UMKM mendapat arahan dan bimbingan serta ilmu yang dibutuhkan saat menjalankan usahanya. “Yang baru dan yang sudah berjalan tetap memerlukan pembinaan. Semua itu perlu dilakukan untuk mendongkrak mutu kopersi dan ekonomi di Cianjur,” tutupnya. (yaz/dep)

Feeds