HUT Kebun Raya Cibodas Luncurkan SiRegis

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

POJOKSATU.id, CIANJUR – Kebun Raya Cibodas (KRC), menyambut ulang tahunnya ke-163, hari ini (11/4), meluncurkan Sistem Informasi Registrasi Tumbuhan Koleksi KRC (SiRegis).

Kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan KR Cibodas Agus Suhatman menjelaskan SiRegis itu merupakan sistem aplikasi berbasis web untuk mengelola data tumbuhan koleksi KRC. Aplikasi sistem ini juga
diintegrasikan dengan sistem informasi geografis titik tanam koleksi KRC dan stasiun cuaca.

“Melalui aplikasi SiRegis, masyarakat umum atau pengunjung dapat memperoleh informasi mengenai koleksi KRC, seperti taksonomi, asal maupun penyebarannya serta iklim mikro di KRC. Kita punya stasiun pengamatan cuaca terpadu yang bisa diakses luas, sehingga mempermudah pengunjung,” paparnya.

Menurutnya, peluncuran SiRegis bagian dari upaya peningkatan pelayanan KRC melalui web. Diharapkan ini bisa mempermudah masyarakat.

“Kini KRC sudah berusia 163 tahun, dan memiliki luas 84,99 hektar, dengan fungsi konservasi, penelitian, pendidikan dan pariwisata,” ujarnya.

Saat ini, KRC menjadi Kebun Raya tertua kedua setelah Kebun Raya Bogor. Kini KRC mengoleksi 1.260 jenis tanaman koleksi kebun, 262 jenis koleksi anggrek, 98 koleksi kaktus, 71 jenis kolekai sukulen, 164 jenis koleksi obat, 767 jenis koleksi biji dan 2.984 jenis herbarium.

“KRC juga terdapat taman lumut, bunga bangkai, kantong semar, dan taman bunga sakura. Kami tentunya akan terus menjaganya dan melestarikannya, sehingga diharapkan wisatawan yang datang bisa bijaksana menjaga keaneka ragaman hayati di KRC,” pungkasnya.(fhn/dep)

Feeds