Hari Ini Cianjur Sebar Soal UN

Soal UN Cianjur siap disebar.

Soal UN Cianjur siap disebar.

POJOKSATU.id, CIANJUR – Sebanyak 348 kardus lembar soal Ujian Nasional (UN) untuk SMA/SMK/MA tiba di Rayon Kabupaten Cianjur di SMKN 2 Cilaku di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jum’at (10/4) sekitar pukul 10.00 WIB. Soal-soal UN tersebut diangkut dari sebuah percetakan di daerah Ciawi, Bogor, dengan menggunakan sebuah truk tronton.

Setibanya di Rayon Cianjur di SMKN 2 Cilaku, lembar soal UN tersebut dimasukkan ke dalam aula sekolah. Selanjutnya, soal-soal yang tersegel itu dipilah sesuai dengan wilayah sub rayon yang ada. 348 kardus lembar soal UN itu, terdiri dari 168 kardus untuk SMA dan 130 kardus untuk SMK. Selain itu, juga terdapat lembar soal UN-Paket C sebanyak 50 kardus.

“Soal-soal UN yang kami terima ini selanjutnya kita inapkan dulu semalam di Rayon Cianjur yaitu di SMKN 2 Cilaku. Besok (hari ini, red) akan langsung didistribusikan ke 12 sub rayon. Kita prioritaskan pendistribusian ke sub rayon yang ada di wilayah Cianjur selatan terlebih dahulu mengingat kondisi medan yang tidak mudah dan cukup jauh,” kata Ketua Pelaksanaan UN Kabupaten Cianjur, Jum’ati ditemui di SMKN 2 Cilaku.

Dalam pendistribusiannya itu, lanjut Jum’ati, pihaknya menggunakan kendaraan yang aman. Artinya, jika tiba-tiba di jalan turun hujan, harus bisa dipastikan kalau lembar soal UN itu tidak terkena air apalagi rusak.
“Setiap pendistribusian soal UN selalu dikawal oleh dua orang petugas dari kepolisian,” katanya.

Pengamanan dari pihak kepolisian itu, lanjut Jum’ati, juga dilakukan selama lembar soal UN itu di inapkan di rayon maupun sub rayon, yang menjaganya selama 24 jam penuh. Selain petugas yang terkait UN, tidak diperbolehkan bisa masuk ke dalam tempat penyimpanan lembar soal UN tersebut.

“Ini demi menjaga keamanan soal dan menghindari terjadinya kebocoran. Pengamanan standar sesuai dengan ketentuan harus tetap dilakukan,” tegas dia.

Pihaknya juga menjamin, pendistribusian soal ke sub rayon akan selesai sebelum pelaksanaan UN yang akan dilaksanakan mulai Senin (13/4) esok.

“Kami pastikan soal-soal UN itu tiba di sub rayon sebelum pelaksanaan UN dan dalam kondisi masih tersegel utuh. Kami sendiri juga belum tahu ada kerusakan atau lainya sebelum pelaksanaan UN, pokoknya kita jamin masih dalam keadaan tersegel,” jelas Jum’ati.

Khusus untuk Cianjur selatan, nantinya akan didistribusikan langsung ke 12 sub rayon dengan mendapatkan pengawalan dari petugas kepolisian. Kemudian, setelah lembar soal itu sampai ke 12 sub rayon dimaksud, masing-masing sekolah langsung mengambilnya sesuai dengan pembagian sub rayonnya.

“Jadi nanti kami sebar ke 12 sub rayon di selatan. Masing-masing SMA nanti mengambil ke sub rayon itu dikawal oleh pihak kepolisian. Semuanya sudah terjadwal dan tidak akan terlambat. Sedangkan di Cianjur, ada 43 SMA dan 69 SMK yang menggelar UN,” ujar Jum’ati.(ruh/dep)

Feeds