Stop Izin Minimarket Baru

BERJAMUR : Minimarket di daerah Cipanas. Foto : Farhan : Pojoksatu.id

BERJAMUR : Minimarket di daerah Cipanas. Foto : Farhan : Pojoksatu.id

POJOKSATU.id, CIANJUR – Keberadaan minimarket hingga kini masih menuai polemik. Pembangunan minimarket masih melanggar Perda Nomor 7 tahun 2011.

Kasie Trantib Kecamatan Cipanas H Suryana Prawira menjelaskan, berdasarkan Perda Nomor 7 tahun 2011 minimarket itu jaraknya harus 500 meter dari minimarket lainnya ataupun pasar tradisional. Namun, kenyataanya masih ada yang menyalahi aturan.

”Salah satunya minimarket yang ada di Jalan Raya Cipanas, di sana antara minimarket satu dengan yang lainya malah bersebelahan. Memang kami akui keberadaannya menyalahi aturan, namun anehnya izin bisa lengkap,” ujarnya kepada Radar Cianjur (Grup Pojoksatu.id), kemarin (9/4).

Dijelaskannya, untuk melakukan penindakan sendiri pihaknya bingung lantaran mereka memiliki izin lengkap. Padahal menyalahi Perda.

”Untuk eksekusi penyegelan sendiri bukan kebijakan kecamatan, karena itu kebijakan Satpol PP kabupaten. Kami hanya melakukan pendataan saja dan hasilnya mereka sudah memiliki izin lengkap, meskipun lokasinya jelas bersebelahan,” paparnya.

Lebih lanjut, Suryana mengakui pembangunan minimarket tersebut tidak ada masalah, hanya jarak minimarket saja yang bertentangan dengan aturan. ”Kami kembalikan masalah ini ke kabupaten, sehingga diharapkan bisa ada titik temu,” terangnya.

Pihaknya mengharapkan Pemkab Cianjur tidak kembali mengeluarkan izin pendirian minimarket baru di Cipanas, karena jumlahnya sudah cukup. ”Kasian para pedagang tradisional yang sepi pembeli, sedangkan pembelinya itu-itu saja,” pungkasnya.(fhn/dep)

Feeds