PT Icon Garmindo Siap Penuhi Hak Para Buruh

UNJUK RASA : Ratusan buruh PT Icon Garmindo mengaadu ke DPRD Cianjur karena hak normatifnya tak dipenuhu. Foto : Guruh/Pojoksatu.id

UNJUK RASA : Ratusan buruh PT Icon Garmindo mengaadu ke DPRD Cianjur karena hak normatifnya tak dipenuhu. Foto : Guruh/Pojoksatu.id

POJOKSATU.id, CIANJUR – Ratusan buruh PT Icon Garmindo, mendatangi DPRD Kabupaten Cianjur di Jalan KH Abdullah bin Nuh, Kamis (9/4). Para buruh datang untuk menyampaikan keluh kesah pada para wakil rakyat tentang hak-hak mereka yang tidak dipenuhi oleh perusahaan. Setibanya di halaman gedung gedung dewan, mereka langsung menggelar orasi serta membentangkan sejumlah poster berisi tuntutan, banyaknya hak-hak mereka yang selama ini tidak dipenuhi oleh pihak perusahaan.

Setelah beberapa saat menggelar orasi, sekitar 21 perwakilan buruh diterima di ruang rapat gabungan oleh anggota Komisi IV. Hadir juga Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Sumitra dan sejumlah stafnya, perwakilan dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Cianjur serta perwakilan perusahaan dari HRD PT Icon Garmindo.

Pada pertemuan itu, terungkap, bahwa selama ini, PT Icon Garmindo sudah diberikan surat peringatan oleh Dinsosnakertrans Kabupaten Cianjur sebanyak tiga kali untuk memenuhi dan melaksanakan hak-hak normatif yang tercantum sebagai kewajiban perusahan kepada para pekerjanya.

“Kami sudah memberikan tiga kali surat peringatan kepada PT Icon Garmindo untuk memenuhi hak-hak normatif jauh sebelum para buruh demo. Tapi baru hari ini perusahaan menanggapi. Apa harus menunggu ada demo dulu?” cecar Sumitra.

Selama ini, lanjut Sumitra, pihaknya sudah mendapatkan data dan fakta di lapangan melalui pengawas ketenagakerjaan yang secara khusus ia tugasi untuk menyelidiki perusahaan mana saja yang dianggap telah melanggar peraturan dan perundangan yang berlaku.

“Hari ini pihak perusahaan sudah berjanji untuk memenuhi 11 dari 12 poin hak normatif sesuai dengan peraturan dan perundangan,” tutur Sumitra.

Sumitra menegaskan, untuk satu poin terakhir, jika memang besok (hari ini,red) pihak perusahaan tidak mengindahkannya, maka akan ada sanksi pidana. ”Kalau tetap melanggar, terpaksa sanksi. Tidak ada toleransi lagi,” tegas dia lagi.

HRD PT Icon Garmindo, Machrus, mengakui, bahwa selama ini pihaknya belum melaksanakan dan memberikan hak-hak normatif. Hal itu setelah Januari lalu ia mulai menduduki posisi sebagai HRD di persahaan tersebut.

“Sebelumnya saya tidak tahu kondisinya. Tapi yang jelas, sejak saya masuk pada Januari lalu, banyak hal yang masih harus ditata lagi,” jelas dia, seraya untuk tuntutan hak-hak normatif perusahaan, 11 poin sudah dijanjikan bisa langsung dilaksanakan hari ini (kemarin,red) juga.(ruh/dep)

Feeds