Duh, Data Penerima PSKS Tak Update

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSATU.id, CIANJUR – Dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) di Kecamatan Cipanas akan cair Minggu ini. Ironisnya data dari BPS Pusat bagi penerima hingga kini belum update.

Petugas TKSK Kecamatan Cipanas Aat Atikah menjelaskan, hari Minggu ini sejumlah KK di Kecamatan Cipanas dan beberapa kecamatan lainnya di Kabupaten Cianjur akan menerima dana PSKS sebesar Rp600 ribu untuk bulan Januari, Februari, dan Maret. Namun disayangkan belum ada pemutakhiran penerima data PSKS.

”Data lama itu banyak yang tidak sesuai dengan kondisi di masyarakat. Banyak warga yang meninggal dunia, sedangkan PSKS itu tidak bisa diwariskan, sehingga hangus. Jelas itu sangat disayangkan padahal banyak warga juga yang sangat membutuhkan,” ujar Aat kepada Radar Cianjur, kemarin.

Menurutnya, penerima PSKS itu masih mengacu kepada PPLS 2011, sehingga data penerimanya jadi tidak valid. Buktinya, selama 3 tahun itu terus berubah tingkat perekonomian warga.

”Selama tiga tahun itu ekonomi masyarakat miskin bisa berubah-ubah ada yang miskin jadi sedang, atau malah yang kaya jadi jatuh miskin. Belum lagi penerima yang meninggal dunia. Harusnya validasi data itu dilakukan setiap tahun oleh pemerintah,” paparnya.

Aat berharap, pemerintah bisa segera melakukan evaluasi dan pendataan ulang soal PSKS itu. Sebab bila tidak nanti masyarakat yang menjadi korban. ”Kami harapkan program ini dievaluasi penyalurannya, sehingga bisa tepat sasaran dan tepat guna,” terangnya.

Lebih lanjut, Aat menjelaskan dana PSKS akan dicairkan di Kantor Pos Cimacan, sedangkan untuk Kantor Pos Sindanglaya untuk warga yang berada di Kecamatan Pacet.

”Total penerima dana PSKS di Cipanas ada 6.383 orang, dan untuk daerah Cianjur sebanyak 210.988 orang. Kami tentunya akan memantau jalannya perguliran dana ini, jangan sampai salah sasaran dan adanya pelanggaran aturan,” pungkasnya.(fhn/dep)

Feeds