Timbulkan Penyakit, Peternakan Ayam Diprotes Warga

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSATU.id, CIANJUR – Warga Kampung Panaruban RT03/08, Desa Haurwangi mengeluh dan meminta agar pemerintah jangan menutup mata mengenai keberadaan perusahaan ternak ayam. Pasalnya, keberadaan peternakan ayam dapat menimbulkan ragam penyakit akibat bau kotoran ayam.

Menurut, Enjang (40) warga setempat, keberadaan perusahaan ternak ayam sangat merugikan. Warga meminta dan khawatir akan menjadi korban sehingga memerlukan langkah dan solusi.

“Pernah ada warga yang terkena dampak dari bau kotoran ayam perusahaan. Bahkan,sempat berobat ke puskemas. Itu menurut versi warga, tapi setelah dilakukan pemeriksaan dari pihak puskesmas warga yang terkena penyakit mengidap ISPA,” terang Enjang, Rabu (8/4) kemarin.

Akhirnya, musyawarah warga pun mulai dibangun dengan mengundang Tim Puskesmas Cipeuyeum, pemerintah kecamatan, Danramil dan para ibu rumah tangga serta sedikitnya 30 Kepala Keluarga (KK) dari RW 08.

Dalam musyawarah, warga menuntut agar pemerintah peduli terhadap nasib mereka. Pihak perusahaan harus bertangungjawab dengan dampak polusi udara kotoran bau ayam. Pada akhirnya, sementara ini tim kesehatan pun diturunkan untuk melakukan penyuluhan bersama dengan pemerintah kecamatan dan Danramil.(mat/dep)

Feeds