SMPN 1 Cianjur Tolak UN Online

Siswa Cianjur mengikuti try out UN-CBT. Foto: Guruh/Pojoksatu.id

Siswa Cianjur mengikuti try out UN-CBT. Foto: Guruh/Pojoksatu.id

POJOKSATU.id, CIANJUR – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) online yang telah diintruksikan oleh menteri pendidikan beberapa waktu lalu menuai protes dari sejumlah sekolah khususnya di Kabupaten Cianjur. Salah satunya SMPN 1 Cianjur.

Guru SMPN 1 Cianjur, Asep Solehudin mengatakan, pihaknya tidak setuju apabila ujian nasional secara online dilaksanakan. Pasalnya, hal itu dikarenakan beberapa faktor yang akan terjadi apabila itu dilaksanakan.

“Ya, kami sangat tidak setuju kalau ujian nasional sekarang secara online. Dikhawatirkan takut banyak faktor yang terjadi. Salah satunya seperti kebocoran dalam soal lembar jawaban ujian, karena faktor jaringan,” ucapnya.

Ditambahkannya, apabila UN Online tetap dilaksanakan, SMPN 1 Cianjur akan mepertimbangkannya.

“Jika UN Online akan tetap dilaksanakan tentu ini menjadi bahan pertimbangan sekolah. Karena UN Online menggunakan komputer, terus jumlah siswa cukup banyak. Nah, untuk komputer sendiri pastinya tiap siswa dan itu akan mengeluarkan biaya jugakan. Sedangkan untuk biaya sendiri sekolah dari mana,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya harus mempertimbangkan pula terkait mental dari para siswa. Misalkan seberapa bagus respon serta kesiapannya dalam mengikuti ujian nasional online. Asep mengakui, dengan adanya ujian nasioanl online ini akan dirasakan sangatlah berat oleh siswa.

“Kami juga tidak boleh egois disini mental dari siswa yang akan menghadapi UN juga harus betul- betul diperhatikan. Jika mentalnya belum siap buat apa dipaksakan untuk mengikuti un online. Tak hanya itu, pemerintah juga sebaiknya jangan dulu segera menerapkan sistem UN online tetapi harus melihat dulu kondisi dilapangan seperti bagaimana,” pungkasnya.(riz/dep)

Feeds