Persempit Gerakan Calo, Polres Cianjur Lakukan Ini

CEK KTP : Setiap pemohon SIM wajib melampirkan KTP asli sesaat sebelum mengikuti uji SIM. Foto: Iyas/Pojoksatu.id

CEK KTP : Setiap pemohon SIM wajib melampirkan KTP asli sesaat sebelum mengikuti uji SIM. Foto: Iyas/Pojoksatu.id

POJOKSATU.id, CIANJUR – Untuk menciptakan kondisi yang nyaman dan tertib, Unit Regident Satlantas Polres Cianjur kini telah menerapkan sistem yang rapih sebagai akses keluar masuk masyarakat. Jadi, hanya masyarakat Cianjur yang hendak membuat SIM yang dapat masuk ke dalam bangunan uji SIM.

Sebelumnya, sekitar dua pekan yang lalu, bangunan uji SIM terkesan bebas. Artinya, siapa pun dan kapan pun masyarakat dapat keluar masuk ke dalam bangunan. Tapi, saat ini masyarakat pun akan dibatasi.

“Yang boleh masuk ke dalam hanya petugas dan masyarakat yang mengajukan SIM,” papar Kanit Regident Satlantas Polres Cianjur, Iptu Luky Martono. Ia khawatir, masyarakat yang hendak membuat SIM merasa resah dan tak nyaman.

Belum lagi pergerakan calo yang berkeliaran di mana-mana akan membuat bangunan SIM terkesan penuh layaknya pasar. “Kita juga pikirkan sampai kesana, hal itu kita antisipasi agar warga tak mengandalkan calo,” tegasnya.

Luky menambahkan, secara teknis, setiap masyarakat yang datang ke pelayanan SIM harus melewati pemeriksaan petugas. Di pintu masuk bangunan, dua hingga tiga petugas akan disiagakan untuk memeriksa identitas pemohon SIM melalui KTP asli.

Setelah diperiksa, maka pemohon akan memperoleh kalung berupa ID Card sebagai tanda pemohon pembuatan SIM. Apabila masyarakat tidak menggunakan kalung sementara itu, maka terpaksa petugas akan melarang masuk. (yaz/dep)

Feeds

WARGA MENOLAK SSA : Spanduk penolakan Sistem Satu Arah (SSA) yang mengatasnamakan Forum RW dan LPM Kelurahan Depok Jaya terpasang di sisi Jalan Nusantara Raya, kemarin malam. Foto : Ahmad Fachry/Radar Depok

Warga Depok Jaya Tolak Sistem Satu Arah

POJOKJABAR.com, DEPOK – Sistem satu arah (SSA) yang diujicoba Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, mulai diprotes. Keladinya, jalan searah tersebut dinilai …