27 Rumah Diratakan

DIRATAKAN: Sebagai upaya perluasan jalur Kereta Api (KA) pihak DAOP 2 Bandung meratakan rumah dan pohon di sekitar jalur yang bakal dilalui KA jurusan Bandung-Cianjur ini.

DIRATAKAN: Sebagai upaya perluasan jalur Kereta Api (KA) pihak DAOP 2 Bandung meratakan rumah dan pohon di sekitar jalur yang bakal dilalui KA jurusan Bandung-Cianjur ini.

POJOKSATU.id, CIANJUR – Sebanyak 27 bangunan dan rumah di RT 03 RW 01 Desa Bojongmeron Wetan, Kelurahan Sayang, Cianjur, Rabu (8/4) siang kemarin, diratakan dengan tanah. Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut pembersihan jalur kereta api Bandung-Sukabumi yang memasuki tahap ketiga.

Pembongkaran bangunan dan rumah warga di sepanjang sisi timur rel kereta itu sendiri sama sekali tidak mendapatkan perlawanan dari warga yang berinisiatif membongkar sendiri bangunan dan rumahnya dibantu oleh petugas dari PT KAI Daop 2 Bandung.

Uloh (56), salah satu warga Desa Bojongmeron Wetan, Kelurahan Sayang, yang ditemui Radar Cianjur (Grup Pojoksatu.id) mengaku sudah mendiami lokasi tersebut sejak tahun 1980. Ia, ketika itu, bersama orang tuanya membangun rumah semi permanen dan setiap tahunnya membayar uang sewa bangunan yang diserahkan ke PT KAI.

“Sejak membangun dulu sudah bayar, kok. Tapi sekarang malah digusur,” ungkap Uloh sembari terus meneteskan air mata.

Pembayaran sewa lahan tersebut, lanjut Uloh, pada awalnya memang tidak menggunakan kwitansi. Tapi sejak beberapa tahun lalu, pembayaran sewa sudah menggunakan kwitansi tanda terima.
“Itu bayarnya ke orang PT KAI. Semua warga juga begitu,” aku Uloh.

Perempuan tambun itu mengakui, bahwa lahan yang dipakainya untuk mendirikan rumah itu memang bukan miliknya, melainkan milik PT KAI Daop 2 Bandung. Karena itu, ketika rumahnya harus dibongkar, ia pun tidak bisa berbuat apa-apa.

“Ya mau bagaimana lagi memang bukan tanah kami. Sebenarnya tidak rela, tapi hanya bisa pasrah,” sambung dia sambil terus menahan isaknya.(ruh/dep)

Feeds

WARGA MENOLAK SSA : Spanduk penolakan Sistem Satu Arah (SSA) yang mengatasnamakan Forum RW dan LPM Kelurahan Depok Jaya terpasang di sisi Jalan Nusantara Raya, kemarin malam. Foto : Ahmad Fachry/Radar Depok

Warga Depok Jaya Tolak Sistem Satu Arah

POJOKJABAR.com, DEPOK – Sistem satu arah (SSA) yang diujicoba Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, mulai diprotes. Keladinya, jalan searah tersebut dinilai …