Lestarikan Kawasan, TNGGP Tanam 2.500 Bibit Pohon

TANAM POHON: Kepala PTN Wilayah 1, Bidang PTN Wilayah Cianjur TNGGP Ardi Andono tanam pohon bersama muspida dan pelajar.

TANAM POHON: Kepala PTN Wilayah 1, Bidang PTN Wilayah Cianjur TNGGP Ardi Andono tanam pohon bersama muspida dan pelajar.

POJOKSATU.id, CIANJUR – Blok Ciguntur Leutik Resort PTN Wilayah Gunung Putri Desa Cipendawa kini tengah diselamatkan dari pengrusakan lahan. Salah satunya dengan melakukan penanaman pohon.

Kepala PTN Wilayah 1, Bidang PTN Wilayah Cianjur Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Ardi Andono menjelaskan dalam rangka restorasi serta penyelamatan mata air Ciguntur Leutik yang masuk kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), pihaknya dibantu Muspika Pacet, dan para siswa melakukan penanaman pohon. Pasalnya, jika penyelamatan tidak dilakukan bisa mengancam nasib masyarakat dikemudian hari.

”Blok Ciguntur itu sangat besar sekali fungsinya untuk kelangsungan hidup masyarakat, disana terdapat mata air yang harus diselamatkan. Makanya, mari kita sukseskan gerakan 1 Milyar pohon untuk kesejahteraan masyarakat. Kita ini harus mewariskan mata air kepada anak cucu kita bukan air mata,” paparnya.

Menurutnya, penanaman bersama selain bertujuan untuk merestorasi, dan menyelamatkan mata air Ciguntur Leutik juga bisa meningkatkan kepedulian serta kerjasama berbagai pihak untuk membantu kelestaraian kawasan TNGGP.

“Jumlah bibit yang ditanam sekitar 2.500 bibit yang terdiri dari bibit rasamala, puspa, dan manglid,” ujarnya. Dirinya mengapresiasi berbagai pihak yang telah berusaha melestarikan lingkungan ini. diharapkan bisa meningkatkan kepedulian semua pihak untuk menjaga kelestarian dan keutuhan kawasan TNGGP.(fhn/dep)

Feeds