BPBD : Dampak Bencana Dapat Diminimalisir

HANCUR : Belasan rumah rusak akibat longsor Cipanas.

HANCUR : Belasan rumah rusak akibat longsor Cipanas.

POJOKSATU.id, CIANJUR – Tak hanya melakukan penanganan saat terjadi musibah saja. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur pun gencar melakukan sosialisasi pencegahan terjadinya bencana. Tujuannya, agar dampak bencana dapat diminimalisir.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Cianjur, Yudha Azwar menerangkan, pencegahan dapat dilakukan melakukan kordinasi dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Cianjur.

“Kita siapkan rancangan-rancangan lokasi mana yang memang membutuhkan penghijauan,” ujar Yudha kepada Radar Cianjur (Grup Pojoksatu.id). Menurutnya, lokasi rawan longsor kerap mengintai sejumlah wilayah Kecamatan Cipanas, Sukaresmi, Pacet, Gekbrong, Bojongpicung dan sejumlah wilayah di Cianjur Selatan .

Untuk langkah antisipasi, pihaknya kerap mengajak sejumlah sekolah maupun pemuda melalui kampus atau karang taruna untuk menggelar kegiatan penanaman pohon. Selain untuk menjaga kondisi udara tetap baik, namun pohon-pohon yang baru ditanam mampu menanggulangi bencana longsor dan banjir.

“Akar pohon yang sudah kuat mampu mengikat struktur tanah dan menyerap air lebih banyak,” terang Kabid. Di balik itu, ia pun mengimbau kepada setiap masyarakat agar turut menjaga kelestarian lingkungan.

Caranya, dengan tidak membuang sampah dan rutin melakukan kerjabakti di lingkungan masing-masing. “Alangkah baiknya apabila bencana dapat diminimalisir dampaknya daripada terjadi dan harus ditangani,” ungkapnya. (yaz/dep)

Feeds