Ini Kendala yang Menghantui UN-CBT

Siswa Cianjur mengikuti try out UN-CBT. Foto: Guruh/Pojoksatu.id

Siswa Cianjur mengikuti try out UN-CBT. Foto: Guruh/Pojoksatu.id

POJOKSATU.id, CIANJUR – Sejumlah sekolah akan melaksanakan Ujian Nasional Computer Based Test (UN-CBT) beberapa hari lagi. Kemarin, Senin (6/4) Komisi IV DPRD Kabupaten Cianjur  yang terdiri dari H. Sapturo (Ketua), Tika Latifah dan Ane Permatasari (Anggota) melakukan inspeksi mendadak menyambangi para siswa yang tengah mengikuti try out UN-CBT.

Menurut Ketua Komisi IV DPRD Cianjur, Sapturo ada sejumlah kendala, namun kendala tersebut sudah bisa diantisipasi. Seperti misalnya mengenai aliran listrik jika terjadi pemadaman yang sudah diantisipasi dengan penggunaan genset.

“Untuk listrik, kami juga akan meminta secara resmi kepada PLN agar jangan sampai ada pemadaman pada pelaksanaan UN-CBT,” tegas dia.

Marlisa Putri Utami (18), siswa kelas XII IPS 4 SMAN 1 Cianjur, mengaku, sistem UN-CBT dirasakan lebih mudah dan lebih efektifitas waktunya. Sedangkan mengenai soal, dirasakan sama saja tidak berbeda dengan soal-soal biasa.

“Sepertinya sama saja. Masalah soal sama saja, hanya beda sistemnya. Mengenai teknis pelaksanaan tidak ada masalah, semua sudah kita pelajari jauh-jauh hari. Kita sudah terbiasa dengan sistem seperti ini,” kata Marlisa saat ditemui di sekolahnya.

Kalaupun ada kesulitan kata Marlisa, ia yakini lebih kepada diri sendiri, terutama penguasaan materi yang diujikan.

“Sudah tidak ada masalah, lebih efektif sekarang. Justru dulu banyak menghabiskan waktu. Harus lebih disiplin saja, karena kalau telat bisa-bisa ikut ujian susulan,” katanya.(ruh/dep)

Feeds