200 Guru Dipungli, Setor Rp60 Juta

Ilustrasi Pungli

Ilustrasi Pungli

POJOKSATU.id, CIANJUR – Sebanyak 200 guru di lingkungan Pusbindik Pagelaran diduga dipunguli oknum Pengawas berinisial HE.

Seperti diungkapkan salah seorang guru berinisial Y, bahwa yang bersangkutan meminta pada dirinya serta 199 orang guru lainnya sejumlah uang yang telah ditentukan sebesar Rp300 ribu dengan dalih untuk biaya pengiriman berkas guru yang mendapatkan sertifikasi di Kecamatan Pagelaran.

Menurutnya, data tersebut akan diserahkan kepada pihak terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur dengan biaya yang telah diperoleh dari para guru tersebut.

”HE meminta kepada 200 orang guru yang mendapatkan sertifikasi sebesar Rp300 ribu. Tetapi pada saat dikonfirmasi lewat telepon ia tidak menjawabnya. Bahkan pada saat didatangi ke kantornya yang bersangkutan tidak ada di tempat,” paparnya.

Dijelaskanya, kronologis kejadian yakni pada HE mendatangi ke setiap sekolah yang ada di Kecamatan Pagelaran dan meminta dana sebesar Rp300 ribu dengan dalih untuk biaya pemberkasan.

Karena HE seorang pengawas sehingga para guru pun percaya dengan apa yang disampaikannya dan menyerahkan dana yang diminta.

Namun setelah dikonfirmasi kepada pihak Pusbindik Pagelaran dalam hal ini Kapusbindiknya mengenai pungutan itu, kaget karena tidak mengetahui persoalan tersebut.

”Sewaktu HE memungut dana tersebut mengatasnamakan pihak dinas, sehingga kami pun percaya terhadap apa yang disampaikannya dan memberikan uang jika ditotalkan sebesar Rp60 juta,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Disdik Kabupaten Cianjur, Jum’ati mengatakan, bahwa pihaknya tidak mengetahui atas terjadinya kasus tersebut. Pasalnya belum ada laporan dari para korban. ”Kami tidak tahu adanya kasus tersebut, karena sejauh ini belum ada laporan dari para guru yang bersangkutan,” kata Jum’ati kepada Radar Cianjur, kemarin.

Ditambahkannya, apabila benar adanya kasus tersebut, maka pihaknya akan melakukan tindakan dengan segera. Seperti melakukan konfirmasi dengan para korban maupun pengawas yang berkaitan.Kemudian jika benar perlakuan oknum pengawas itu, maka pihaknya tidak akan segan-segan memberikan sanksi tegas. ”Untuk sanksi sendiri bisa berupa surat pemanggilan terhadap pelaku, melakukan penurunan jabatan serta pemberhentian jadi PNS,” tegasnya.(riz/dep)

Feeds