Siwas Aplikasi Pengaduan Oknum Pemerasan di PN Sudah Ada di Kabupaten Bogor

Pengadilan Negeri (PN)Cibinong /Foto: Ikhsan

Pengadilan Negeri (PN)Cibinong /Foto: Ikhsan

POJOKJABAR.com, BOGOR – Warga Bogor tidak perlu khawatir terkait adanya oknum yang melakukan pemerasan agar kasusnya dimuluskan. Pasalnya Mahkamah Agung (MA) telah membuat program khusus, yakni sistem informasi pengawasan (siwas) yang berlaku secara nasional, tak terkecuali di Kabupaten Bogor.

Dirjen Badilium MA, Herri Swantoro meengatakan, masyarakat tak perlu khawatir lagi kaitan pemerasan tersebut. Karena sistem pembayaran bisa  melalui bank maupun e-Panjar di Pengadilan Negeri (PN).

“Kita di Badilum terus memotivasi dan mendorong meningkatkan SDM, terutama meningkatkan estetika profesi dan mengoptimalisasikan sarana yang ada. Kita tidak memungkiri masih ada penyimpangan yang dilakukan beberapa oknum,” ungkap Herri saat dikonfirmasi Pojokjabar.com, Jumat (12/1/2018)

Oleh karena itu, sambung dia, MA telah membuat aturan mengenai pengaduan melalui siwas dengan SK MA 09 Tahun 2016, sehingga pengadilan bisa dilakukan langsung secara online ke MA atau Badan Pengawasan (Bawas) maupun langsung ke Ketua PN.

“Jadi para pihak yang merasa diperas, dizolimi dan dilayani tidak dengan prosedur yang benar  bisa langsung diadukan pakai siwas. Dan disetiap PN selalu dijelaskan bagaimana penggunaan siwas termasuk di Cibinong ini,” tegasnya.

Selain itu, tambahnya, di setiap meja setelah pintu masul juga telah disiapkan pengaduan dan informasi apa saja yang  bisa diberikan. Yang pasti masyarakat punya hak untuk menyampaiman pengaduan.

” kita juga bisa langsung memberi penindakan terhadap yang melakukan penyimpangan,” pungkasnya.

(Iks/pojokjabar)

 


loading...

Feeds