Melihat Kampung Tematik di Kelurahan Babakan Pasar, Bogor Tengah, Ada Kampung Gambar, Sketsa Hingga Taman Wisata Pelangi

UNIK: Sejumlah gambar pahlawan dan presiden RI dari masa ke masa menghiasi kawasan Pulogeulis, Kelurahan Babakanpasar, Kecamatan Bogor.

UNIK: Sejumlah gambar pahlawan dan presiden RI dari masa ke masa menghiasi kawasan Pulogeulis, Kelurahan Babakanpasar, Kecamatan Bogor.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Ada yang menarik di Kelurahan Babakan Pasar, Bogor Tengah. Kalau di kelurahan lain memilih satu atau dua wilayah yang menjadi kampung tematik namun tidak dengan Kelurahan Babakan Pasar. Dari sepuluh RW, tujuh RW-nya sudah mempunyai tema khusus untuk menjadi kampung tematik.

Lurah Babakan Pasar, Rokib Al Hudry menuturkan, ketujuh RW tersebut, masih dalam tahap pengembangan berbagai ide masyarakat dan kreativitas pemuda-pemuda disana. Saat ini, yang sudah berjalan baru tiga RW, yaitu kampung gambar di RW 9, kampung sketsa di RW 5 dan kampung wisata taman pelangi di Pulo Geulis.

“Kampung gambar memiliki konsep wilayah yang penuh dengan gambar-gambar nyata, seperti pemandangan alam disuatu kota di Indonesia yang berhubungan dengan sejarah, gambar sejumlah pahlawan Indonesia dan sebagainya,”  ujarnya kepada Radar Bogor.

Sedangkan untuk kampung sketsa kata dia, lebih mengarah ke gambar-gambar yang tidak terlalu jelas garisnya, seperti sketsa. Tapi kalau dilihat dari jauh sangat terlihat bagus dengan paduan warna, sedangkan dari dekat tidak kelihatan.

Sementara, untuk wisata taman pelangi di Pulo Geulis, karena ada jembatan pelangi disana.  Selain itu, kawasan ini mempunyai keunikan sendiri. Sebab, secara demografis, disana ada nilai etnis Tionghoa yang warganya memiliki nilai toleransi yang sangat  tinggi. Terlihat dari sebuah masjid yang berada di dalam Vihara.

“Semua kegiatan warga muslim, seperti pengajian dan acara peringatan lainnya dilakukan di Vihara. Jadi sangat bertoleransi warga muslim dengan warga Tionghoa,” tambah Rokib.

Disana pun akan dikembangkan dengan konsep penghijauan sehingga sejuk dan nyaman yang didominasi dengan tanaman-tanaman obat keluarga, seperti jahe, kunyit, cecenet, kangkung, markisa yang saat ini sedang dilakukan pembibitan di salah satu rumah warga.

Tidak ketinggalan beberapa sudut ramah anak, seperti pojok baca yang berwarna dan menarik anak untuk berdiam disana sambil membaca. Ada juga sejumlah permainan tradisional yang digambar dijalanan kampung sebagai upaya meminimalisir anak-anak sekitar kampung bermain di Ciliwung.


loading...

Feeds

Obrolan Bersama Pojokjabar Tentang Pilbup Bogor di Graha Pena, Kamis (14/12/2017)

Pilbup 2018 di Mata Kader PDIP

POJOKJABAR.com, BOGOR– Sejumlah tokoh di Kabupaten Bogor yang ramai di media soal bursa pencalonan cabup/cawabup, dipertemukan Pojokjabar.com di Graha Pena …