Lembar Soal Dimainkan Oknum Wartawan, Orang Tua Khawatir Soal Bocor

TB. Lutfie Syam

TB. Lutfie Syam

POJOKJABAR.com, BOGOR- Lembar soal yang tak datang yang baru diketahui mengagalkan ujian Puluhan Ribu siswa Sekolah Dasar mulai menemui titik terang. Keterlambatan lembar soal akibat pengadaan dinodai proses yang tidak profesional oleh wartawan tabloid pendidikan, Aksara.

Berdasarkan data yang dihimpun Pojokjabar, terdapat dua kecamatan yang molor dari jadwal semula. Sampai di situ, ujian juga diwarnai inseden tertukarnya soal. Sebanyak 46 Sekolah Dasar Negeri dan 3 swasta di Cigombong dengan jumlah perkiraan 12.000 siswa. Sedangkan Kecamatan sebelah, Kecamatan Cijeruk terdapat 38 aekolah dengan jumlah perkiraan murid 11.000.

Informasi Pengawas Kecamatan Cigombong, Toto, mengatakan pengawas telah meberikan pembiayaan siswa. Termasuk, softcopy soal materi dalam bentuk CD oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S).

“Kalau penyerahan CD soal oleh pihak K3S. Sehingga tidak mungkin terlambat apa lagi penyerahan itu diserahkan tiga minggu sebelum penyerahan,” katannya di Konfirmasi Pojokjabar, Kamis (7/12/2017)

Ulah wartawan ini  bukan melanggeng mulus tanpa kedekatan birokrasi. Termasuk sosok Kepala Seksi Kurikulum, pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Ade Suryana.

Fakta menarik terungkap dari sejumlah guru yang ditemui. Guru yang enggan disebutkan namannya ini mengakui, wartawan tersebut memiliki kedekatan dengan Kasi Kurikulum Ade Suryana. “Ya, banyak kok, bukan rahasia bukan dilugaan karena wartawannya memang dekat dengan pak Kasie,” ungkapnya.

Salah satu orang tua siswa di SD Negeri, Egi Firmansya (32), menyimpan kekhawatiran dugaan bocornya soal ujian dan jual beli soal. “Kalau ada yang tertukar apa lagi pelaksanaannya terlambat saya khawatir ada tanda kebocoran soal karena dikelola tidak profesional,” ucapnya.

Pantauan hari ke tiga, pengadaan soal masih bermasalah di seluruh sekolah. Sekolah mengelar ujian secara semrawut.
Sementara dikonfirmasi, wartawan dari majalah tabloid Aksara, Dede membenarkan bahwa pengadaan lembar soal ditangani oleh dirinya. “Iya itu saya. Adalah percetakannya jauh,” katanya saat ditanya keterangan sambil memblokir akun pecakapan di media WhatsApp.

(don/pojokjabar)


loading...

Feeds